AKU WARGA MASYARAKAT









Materi Kelas IX, Bab 7
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Dasar Kitab suci/Dasar Biblis

Matius  17: 24-27
 Mat 17:24  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum datanglah pemungut bea Bait Allah kepada Petrus dan berkata: "Apakah gurumu tidak membayar bea dua dirham itu?"                                                       Mat 17:25  Jawabnya: "Memang membayar." Dan ketika Petrus masuk rumah, Yesus mendahuluinya dengan pertanyaan: "Apakah pendapatmu, Simon? Dari siapakah raja-raja dunia ini memungut bea dan pajak? Dari rakyatnya atau dari orang asing?"                                    Mat 17:26  Jawab Petrus: "Dari orang asing!" Maka kata Yesus kepadanya: "Jadi bebaslah rakyatnya.                                                        Mat 17:27  Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

Matius 22 : 15-22
 Mat 22:15  Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan.   Mat 22:16  Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka.   Mat 22:17  Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?"                  Mat 22:18  Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik?   Mat 22:19  Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya.                                            Mat 22:20  Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?"                                                                                                  Mat 22:21  Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."   Mat 22:22  Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi.



1.      Jelaskan pengertian masyarakat !
·         Masyarakat adalah keseluruhan yang konkret historis dari segala hubungan timbal balik antara manusia dan macam-macam kelompok .

2.      Sebutkan hak sebagai warga negara !
·         Hak untuk hidup
·         Hak untuk mendapatkan perlindungan
·         Hak untuk memperoleh pendidikan yang layak
·         Hak untuk memperoleh mendapatkan nafkah
·         Hak untuk mengeluarkan pendapat
·         Hak untuk mendapatkan kesempatan untuk berkembang

3.      Sebutkan kewajiban sebagai warga negara !
·         Kewajiban  untuk ikut menjaga ketertiban umum
·         Kewajiban untuk memeliharta keamanan
·         Kewajiban untuk memelihara kebersamaan dan kerukunan
·         Kewajiban untuk ikut bela negara

4.      Apa yang diajarkan Yesus pada murid-muridNya dalam hidup bermasyarakat dan bernegara !
·         Yesus mengajarkan  agar setiap orang menghargai pemerintah , tetapi tidak mengabaikan  hormat kepada Allah ,:Berikan kepada kaisar yang menjadi hak kaisar dan berikan kepada Allah yang menjadi hak Allah”
·         Yesus juga mengajarkan agar setiap orang membayar pajak seperti yang telah ditentukan oleh pemerintah.
  
5.      Bagaimana sikap Yesus  dalam menjalankan hidup bernegara !
·         Yesus selama hidupnya tidak pernah menghasut rakyat untuk bergerak melawan pemerintah
·         Yesus ikut memberi kritik  terhadap pemimpin bangsaNya yang tindakannya tidak tepat (tidak sesuai dengan kehendak Allah)

6.      Jelaskan sikap gereja untuk ikut serta menciptakan  kesehjateraan bersama !
·         Gereja mengajak setiap warganya untuk menyadari hak dan kewajibannya sebagai anggota gereja sekaligus anggota masyarakat
·         Gereja senantiasa peduli pada situasi masyarakatnya. Dalam Gaudium et Spes artikel 22 disebutkan “ Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita , merupakan kegembiraan dan harapan , duka dan kecemasan para murid Kristus juga”
·         Gereja mengajak setiap warganya terlibat aktif dalam penyelesaian yang terjadi dalam masyarakat dan tidak hanya kegiatan yang bersifat karitatif saja  
7.       

Komentar

  1. tidak berfaedah....,saya mendapat nilai jelek saat belajar dari sini

    BalasHapus

Posting Komentar