KEANGGOTAAN GEREJA



 


















KEANGGOTAAN GEREJA
Materi Kelas VIII, Bab 12
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd


http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  1. Sebutkan unsur-unsur anggota Gereja !
·         Imam,                                                                                                                            Biarawan-biarawati,                                                                                                           Kaum awam

  1. Jelaskan tugas pastor dalam memimpoin Gerejanya !
·         Pastor adalah orang yang ditahbiskan.
·         Peranannya  sebagai gembala, pengajar, dan pelayan umat, menguduskan Gereja dalam perayaan-perayaan sakramen.

  1. Jelaskan siapa Bruder, Suster dan perannya !
·         Suster/Bruder yaitu mereka yang hidupnya dibuktikan sepenuhnya bagi pewartaan kabar gembira . Hidup bakti mereka antara lain terwujud dalam pelayanan di dunia pendidikan, pelayanan medis, rumah-rumah retret dan sebagianya. Mereka hidup dalam biara-biara dan menjadi anggota suatu komunitas, tarekat atau kongregasi.

  1. Jelaskan Siapa Kaum Awam dan perannya !
·         Kaum awam yaitu semua orang beriman kristiani yang bukan imam dan bukan biarawati.
·         Peran mereka adalah ikut melaksanakan tugas perutusan segenap umat Kristiani dalam Gereja dan dunia. Ada kaum awam yang berkarya sebagai pedagang, tenaga medis, petani, guru, Tentara dsb.

  1. Jelaskan makna dan tanggungjawab anggota Gereja berdasarkan I Kor 12: 12-18
 1Kor 12:12 
Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
  1Kor 12:13 
Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.
  1Kor 12:14 
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
  1Kor 12:15 
Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
  1Kor 12:16 
Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
  1Kor 12:17 
Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
  1Kor 12:18 
Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

                Dari Bacaan kitab suci diatas dapat dimengerti bahwa :
·         Gereja adalah tubuh Kristus, maka sebagai tubuh Kristus Gereja terdiri atas banyak anggota dengan kemampuan serta peran yang berbeda-beda .                                        
·         Dalam perbedaan itu, mereka semua bertanggungjawab untuk melaksanakan tugas mewartakan kabar gembira. Bila satu anggota saja tidak menjalankan perannya secara bertanggungjawab , tubuh ini akan berantakan dan akhirnya hancur.
·         Maka agar masing-masing anggota dapat menjalankan perannya masing-masing maka Roh Kudus, Roh Kristus sendirilah yangmenghidupi dan  membimbing GerejaNya.

  1. Sebutkan ciri-ciri tindakan anggota Gereja yang bertanggungjawab terhadap Gerejanya !
·         Melaksanakan tugas yang dipercayakan pada dirinya dengan penuh tanggungjawab.
·         Membagun relasi dan komunikasi yang baik, sehingga tugasnya dapat terlaksana dengan baik.
·         Ikut terlibat baik secara pikiran, materi dalam upaya pemberian solusi terhadap masalah yang dihadapi Gereja dan masyarakat sekitar. 

  1. Apa yang harus dipahami sebagai anggota Gereja yang mempunyai peran yang berbeda-beda dalam kaitannya dengan dengan tugas perutasannya !
·         Anggota Gereja harus memiliki pemahaman dan kesadaran sekalipun peran yang mereka jalankan itu berbeda –beda dalam melaksanakan tugas perutusan namun mereka memiliki martabat yang sama dihadapan Allah.

  1. Apa yang disampaikan Santo Paulus terkait dengan keragaman kemampuan dalam melaksanakan tugas perutusan !
·         Dalam I Kor 12:17 dikatakan “ Andaikata seluruh tubuh adalah mata, dimanakah pendengaran ?, Andaikata seluruhnya adalah telinga, dimanakah penciuman ?
·         Penjelasan di atas yaitu, bahwa kemampuan yang beragam itu membuat kita memiliki peran yang berbeda-beda dalam hidup bersama.

  1. Apa yang harus kita lakukan dengan adanya keragaman karunia Tuhan pada umatNya dalam kaitannya dengan tugas perutusannya !
·         Seharusnya kita bersyukur atas keragaman karunia Tuhan. Sebagai rasa syukur maka dalam menjalankan peran sesuai dengan kemampuan masing-masing dilaksanakan secara bertanggungjawab.
·         Sikap yang harus dihindari adalah sikap cemburu, iri hati, marah bahkan merasa tinggi diri (sombong) dan memandang orang lain rendah / menganggap orang lain tidak memilki kemampuan. Sikap ini selain tidak dikehendaki Allah sendiri juga menghambat karya perutusan Gereja.
·         Adanya keragaman itu bukan berarti Allah membeda-bedakan atau tidak adil (pilih kasih) kepada kita.  Justru, Allah menghendaki agar kita saling melengkapi dan menyempurnakan dalam memberikan pelayanan.

Komentar

  1. Thank's buat artikelnya
    Membantu banget..... omong" dapat jawaban dari mana :-D

    BalasHapus
  2. sama sama, daei buku dongg

    BalasHapus
  3. kak mau nanya unsur-unsur anggota gereja itu sama aja anggota gerejanya atau beda soalnya ada soal sebutkan anggota gereja

    BalasHapus

Posting Komentar