KEBANGKITAN YESUS










KEBANGKITAN YESUS
Materi Kelas VIII, Bab 2
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus.
Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Dasar Kitab suci:
Yohanes 20: 1-10
 Yoh 20:1  Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.   
Yoh 20:2  Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."   
Yoh 20:3  Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.  Yoh 20:4  Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.   
Yoh 20:5  Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.   
Yoh 20:6  Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,   
Yoh 20:7  sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.   
Yoh 20:8  Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.   
Yoh 20:9  Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.   
Yoh 20:10  Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

Yohanes 20 : 19-23
Yoh 20:19 
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
  Yoh 20:20 
Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
  Yoh 20:21 
Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."
  Yoh 20:22 
Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.
  Yoh 20:23 
Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."


Yohanes 20: 24-29
 Yoh 20:24 
Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
  Yoh 20:25 
Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."
  Yoh 20:26 
Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
  Yoh 20:27 
Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."
  Yoh 20:28 
Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"
  Yoh 20:29 
Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."


  1. Sebutkan pemberian makna kata “Kebangkitan”  yang sempit  !
·         Kebangkitan diartikan semata-mata fisik, seperti : orang mati hidup lagi, bangun lagi, dll.
  1. Sebutkan pemaknaan kata “Kebangkitan “ yang lebih luas !
Kata kebangkitan  dipahami dalam konteks keseharian
·         Kebangkitan juga bisa dipahami secara lebih luas , orang yang bersemangat lagi dan berhasil mengatasi keputusasaannya; orang yang pada awal karya dan perbuatannya  tidak diperhitungkan dikemudian hari diperhitungkan dan dianggap penting. 
·         Orang yang bangkit dari keterpurukannya
Kata kebangkitan  dipahami dalam konteks akhir jaman
·         Sebagaimana Kristus sungguh-sungguh dibangkitkan dari kematian dan hidup selama-lamanya, demikian juga Dia sendiri akan membangkitkan semua orang pada akhir jaman dengan badan yang yang tak dapat binasa.”Mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal , tetapi  mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum “(Yoh 5:29)
  1. Sebutkan bukti-bukti kebangkitan Yesus !
·         Bukti –bukti bahwa Yesus mengalami Kebangkitan : 1) Kubur kosong, 2) kain kafan Yesus yang tertinggal, 3) berita malaikat yang mengatakan Yesus sudah bangkit, 4) Penampakan Yesus selama beberapa kali.
  1. Bagaimana pandangan orang  Yahudi terhadap kematian Yesus !
·         Kematian Yesus dianggap kegagalan , kesia-siaan dan seluruh karyaNya seolah musnah seiring dengan kematianNya.
  1. Apa makna  Kebangkitan Yesus terhadap pandangan orang Yahudi !
·         Kebangkitan Yesus dari alam maut membalikkan semua pemikiran tsb (kesia-siaan, kegagalan),
·         Kebangkitan Yesus tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu, Yesus hadir dimana-mana dalam hati semua muridNya.
·         Kehadiran Yesus mampu mempengaruhi hati manusia , menjadi penyemangat, inspirasi hidup bagi banyak orang .
  1. Apa dampak kebangkitan Yesus bagi para muridNya !
·         Kehadiran Yesus mampu membuat para muridNya  kreatif dalam  melaksanakan tugasNya.
·         Kebangkitan Yesus merupakan permulaan dari corak kehidupan baru , kelahiran baru dan permulaan suatu kehidupan yang lebih mulia dan menjadikan Yesus sendiri sebagai ciptaan baru yang datang dari Allah.
  1. Apa yang terjadi dengan badan dan jiwa kita sesudah kematian ?
·         Dengan kematian yaitu terpisahnya jiwa dengan badan , badan menjadi rusak sedangkan jiwa, yang tak dapat mati, menghadapi pengadilan Allah dan menantikan persatuannya kembali dengan badan ketika ia bangkit dalam keadaan yang sudah diubah pada saat Tuhan datang kembali. Memahami bagaimana kebangkitan badan itu akan terjadi , melampui kemampuan imajinasi dan pemahaman kita.
  1. Apa artinya mati dalam Kristus Yesus ?
·         Artinya, mati dalam rahmat Allah tanpa dosa berat. Seorang yang percaya kepada Kristus dengan mengikuti teladanNya dapat mengubah kematiannya menjadi suatu tindakan ketaatan dan cinta kepada Bapa “Benarlah perkataan ini: jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia” (2Tim 2: 11)


Komentar