MEMELIHARA DAN MEMPERJUANGKAN KEHIDUPAN


 


















MEMELIHARA DAN MEMPERJUANGKAN KEHIDUPAN
Materi Kelas IX, Bab 12
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd

http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  1. Jelaskan pandangan tentang hidup sehat !
·         Pandangan tentang hidup sehat adalah suatu pola pikir, pola tindak tentang cara hidup yang sehat baik menyangkut kesehatan fisik/badan maupun menyangkut kesehatan rohani.

  1. Jelaskan arti Slogan : mens sana in corpore sano !
·         Arti Slogan mens sana in corpore sano yaitu di dalam tubuh yang sehat terkandung jiwa yang sehat .
·         Maknanya agar  kita tidak hanya  memperhatikan dan memperjuangkan kesehatan jasamani, melainkan juga kesehatan jiwa atau rohani. 

  1. Jelaskan hal-hal yang perlu diusahakan untuk hidup secara sehat !
·         Menjaga kesehatan fisik dengan cara : Olah Raga, makanan yang cukup dan bergizi, hidup secara teratur dan istirahat yang cukup menjadi bagian dari usaha memelihara kesehatan fisik.
·         Menjaga kesehatan rohani dengan cara : kita dapat mengusahakan dengan membina hidup sosial secara baik, mengembangkan kemampuan untuk menata emosi, mengembangkan wawasan melalui ilmu pengetahuan , membiasakan hidup doa, dan senantiasa refleksi terkait dengan hidup sehari-hari (mawas diri). 

  1. Jelaskan hal-hal yang dapat merusak hidup sehat !
·         Hal-hal yang dapat merusak hidup sehat : makanan instan, perdagangan narkoba, obat-obatan terlarang, pornografi yang semakin marak, pembentukkan geng yang akhirnya menjadi kejahatan baru yaitu tawuran baik antar pelajar maupun tawuran antar warga.

  1. Jelaskan isi dari Katekismus Gereja Universal artikel 2288-2289  terkait dengan kesadaran akan tanggungungjawab bersama memelihara dan memperjuangkan kehidupan secara sehat (ini merupakan pandangan dan arahan Gereja)  !
·         Isi dari Katekismus Gereja Universal artikel 2288-2289  terkait dengan kesadaran akan tanggungungjawab bersama memelihara dan memperjuangkan kehidupan secara sehat (ini merupakan pandangan dan arahan Gereja) yaitu
a.       bahwa kehidupan dan kesehatan merupakan hal-hal yang bernilai, yang dipercayakan Tuhan pada kita. Maka kita harus merawatnya dengan cara yang bijaksana dan bersama itu memperhatikan kebutuhan orang lain dan kesehjateraan umum.
b.      Hidup sehat diusahakan  dengan cara menciptakan situasi hidup yang kondusif sehingga manusia dapat mengembangkan diri dan menjadi matang dengan papan, pangan dan andang , perumahan, pelayanan  kesehatan pendidikan , lapangan kerja dan bantuan sosial yang memadai.

  1. Jelaskan isi surat Santo Paulus kepada umat di Galatia terkait dengan kesehatan (Gal 5: 16-26) !
Gal 5:16  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.                                                                                                                                        Gal 5:17  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.                                                                          Gal 5:18  Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.                                                                                           Gal 5:19  Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,  
Gal 5:20  penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,                                                                     
 Gal 5:21  kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.                           Gal 5:22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,                                                                                                        Gal 5:23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.                                                                                                                                                 Gal 5:24  Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.                                                                                      Gal 5:25  Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,                                                                                                                                                         Gal 5:26  dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Penjelasan :
·         Isi dari Galatia 5 : 16-26 yaitu :
a.       menggambarkan  cara hidup yang lebih mengutamakan fisik/badan sebagai cara hidup yang mengikuti daging.
b.      Orang yang hidup menurut daging akan mengikuti hawa nafsunya (Gal 5:19) , Dengan mengikuti keinginan daging, maka yang akan terjadi adalah percabulan, kecemaran, sihir , perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah dan kepentingan diri sendiri, percediraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dsb (Gal 5:20).   
c.       Sedangkan cara hidup yang tidak mengabaikan dan lebih mengutamakan hidup rohani disebut sebagai hidup menurut Roh. Setiap orang beriman menurut Santo Paulus seharusnya berani memperjuangkan kehidupan yang mendalkan peranan Roh dan bukan sebaliknya hidup menurut daging. Dengan hidup menurut daging maka akan terjadi: kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23).
d.      Apabila orang hidup menurut daging berarti ia hidup dalam kegelapan sedangkan hidup menurut Roh menghantar orang untuk hidup di dalam terang. St. Paulus mengajak jemaat di Galatia untuk hidup meninggalkan cara yang lama (dalam kegelapan) dan hidup dengan cara baru yaitu hidup dalam terang (berdasarkan Roh).


  1. Apa yang dimaksud dengan hidup menurut Roh !
·         Hidup yang lebih mengutamakan hidup rohani, tidak mengikuti keinginan jasmani. Santo Paulus menyebutnya hidup dalam terang.

  1. Sebutkan ciri-ciri hidup menurut Roh !
·         kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23).

  1. Sebutkan ciri-ciri hidup menurut daging !
·         Percabulan, kecemaran, sihir , perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah dan kepentingan diri sendiri, percediraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dsb (Gal 5:20).   

  1. Sebutkan kegiatan yang dapat dilakukan baik  di rumah, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat agar kesehatan kita terjaga!
·         Di lingkungan rumah: melakukan kegiatan olah raga secara pribadi yang teratur , makan  makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, membaca artikel kesehatan, rajin dan tekun berdoa, membaca kitab suci, mendengarkan dan menyanyikan lagu rohani dll
·         Di Sekolah : di sekolah ada kegiatan Olah Raga, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan kesehatan, akal budi
·         Di Masyarakat  : Ada kegiatan Olah Raga di masyarakat, misal : Basket, volley, Senam dan jalan sehat.  

Komentar

Posting Komentar