Friday, October 05, 2012

Friday, October 05, 2012 - No comments

YESUS KRISTUS SUNGGUH ALLAH SUNGGUH MANUSIA











YESUS KRISTUS SUNGGUH ALLAH SUNGGUH MANUSIA
Materi Kelas VIII, Bab 4
Kepustakaan 1:Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius.Yogyakarta                                                                                               Kepustakaan 2: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Dasar Kitab suci:                                                                                                    Lukas 2 : 8-20
Luk 2:8 
Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.
  Luk 2:9 
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
  Luk 2:10 
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
  Luk 2:11 
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
  Luk 2:12 
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."
  Luk 2:13 
Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:
  Luk 2:14 
"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."
  Luk 2:15 
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
  Luk 2:16 
Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
  Luk 2:17 
Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
  Luk 2:18 
Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
  Luk 2:19 
Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
  Luk 2:20 
Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.


1. Dalam arti apa manusia itu diciptakan menurut “gambar Allah” ?
  • Manusia diciptakan menurut gambar Allah dalam arti bahwa dia mampu mengenal dan mencintai penciptanya dengan bebas. Manusia adalah satusatunya ciptaan di atas bumi yang Allah kehendakinya untuk ikut ambil bagian dalam kehidupan IlahiNya.   
2.  Jelaskan bahwa dalam diri manusia terkandung dimensi kemanusiaan dan dimensi keallahan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain, merupakan satu kesatuan yang utuh.
  • Dimensi kemanusiaan tampak dalam hal kenyataan berikut ini : 1) ia diciptakan, 2) ia dilahirkan oleh seorang ibu, 3) berjenis kelamin, 4) memiliki kemampuan untuk berpikir , 5) menghayati berbagai perasaan (gembira, sedih, kecewa), 6) dapat sakit, dapat mati .
  • Dimensi keallahan : ia memancarkan keilahian sehingga bisa mengasihi, bisa berdoa, bisa mengampuni dsb. Tetapi karena dibatasi kemanusiaan manusia tidak dapat sepenuhnya memancarkan dan menghadirkan Allah.
3.  Jelaskan bahwa Yesus sungguh-sungguh manusia dan sungguh-sungguh Allah !
  • Yesus sungguh-sungguh manusia : Yesus mengalami hal-hal yang dialami manusia pada umumnya. Yesus lahir dari seorang ibu, yaitu Bunda Maria, Ia lahir disebuah tempat yang dapat dikunjungi manusia yaitu di Betlehem , Ia memiliki jenis kelamin, Bapak ibunya mengikuti sensus yang diadakan di negeriNya (Lukas 2: 1-7) ,Yesus punya nenek moyang, bisa marah (Lukas 19:45), ia pun merasa takut (Lukas 22: 42-44) dan Ia pun dapat Letih (Matius 14: 12-14).
·      Yesus sungguh-sungguh Allah (Lukas 2 : 8-20):                                                          Keilahian Yesus tampak :                                                    Kehadiran para malaikat yang menyatakan ,”Hari ini telah    lahir bagimu juruselamat , yaitu Kristus , Tuhan di Kota Daud (ay 11) , dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan para malaikat itu sejumlah balatentara surga yang memuji Allah .
Yesus membuat mujijat :Peristiwa penggandaan 5 roti dan 2 ikan  (Yoh 6: 1-15), menyembuhkan orang buta (Mat 20: 29-34);  ketika Ia bangkit dan mengatasi alam maut (Mat 28: 1-10), Yesus naik ke surga (Lukas 24: 50-53).
4.  Jelaskan alasan mengapa  Yesus sungguh-sungguh Allah dan sekaligus sungguh-sungguh manusia menunjukkan kasihNya pada manusia!
  • Yesus walaupun adalah Allah, Ia terbuka dan solider dengan kehidupan manusia. Ia mau turun ke bumi untuk merasakan suka duka kehidupan manusia. Ia mau menyapa manusia secara pribadi dan akrab , dengan cara menjelma menjadi manusia biasa. Ia mau sederajat dengan manusia , dan melalui cara itu Ia ingin memberikan kedamaian serta keselamatan bagi manusia

0 komentar:

Post a Comment