Damianus Kusviantono, M.Pd

Saya Damianus Kusviantono, M.Pd mengajak saudara semua untuk belajar bersama terkait dengan materi Pendidikan Agama Katolik. Semoga pemahaman kita semakin mendalam dan hidup kita pun berbuah manis.





YESUS MEMANGGIL MURID-MURIDNYA







YESUS MEMANGGIL MURID-MURIDNYA
Materi Kelas VIII, Bab 5
Kepustakaan 1: Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius.Yogyakarta                                                                                               Kepustakaan 2: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Dasar Kitab suci:
Yohanes 1: 35-51
 Yoh 1:35 
Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:36 
Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:37 
Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:38 
Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:39 
Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:40 
Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:41 
Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:42 
Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:43 
Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:44 
Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:45 
Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:46 
Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:47 
Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:48 
Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:49 
Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:50 
Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 1:51 
Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

Matius 4: 18-22
Mat 4:18  Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif  Mat 4:19  Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                Mat 4:20  Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                                                                              Mat 4:21  Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif  Mat 4:22  dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

Matius 9:9-13
 Mat 9:9  Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                                                                                          Mat 9:10  Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif  Mat 9:11  Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif  Mat 9:12  Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                  Mat 9:13  Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa." http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif


 Matius 16: 24-26

Mat 16:24  Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                         Mat 16:25  Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                              Mat 16:26  Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif



http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

1.       Sebutkan macam-macam reaksi ketika dipanggil !
·         Orang yang dipanggil senang karena mendapatkan keuntungan
·         Menolak jika panggilan itu terkait dengan tugas berat,

2.        Apa yang dilakukan murid-murid Yesus ketika dipanggil oleh Yesus !
·         Yang dilakukan oleh murid-murid ketika dipanggil oleh Yesus.
1.       Ia langsung meninggalkan segala-galanya, pekerjaan, keluarga, dan tanpa berpikir panjang mengikuti Yesus.
2.        Mengemukakan berbagai syarat
3.       Menolak panggilan Yesus

3.       Apa yang diharapkan  Yesus ketika para murid dipanggilNya !
·         Mereka datang pada Yesus
·         Mereka memahami dan mengerti maksud Yesus memanggilNya
·         Murid-muridNya perlu tinggal bersama Yesus supaya dapat menjalin hubungan pribadi lebih mendalam denganNya

4.       Siapa saja yang dipanggil menjadi murid Yesus !
·         Nelayan, Pemungut cukai, orang kaya
5.       Apa tujuan Yesus memanggil para  muridNya !
·         Tujuan Yesus memanggil para muridNya untuk melibatkan mereka semua dalam tugas perutusanNya, yaitu mewartakan Kerajaan Allah.

6.       Apakah Yesus masih memanggil manusia jaman sekarang untuk menjadi muridNya !
·         Yesus sampai sekarang memanggil manusia untuk menjadi muridNya
·         Yesus memanggil kita untuk menjadi muridNya, baik sebagai siswa, orang tua, guru, atau siapa saja untuk melanjutkan karya keselamatanNya di dunia
                                                                                               

0 komentar:

Post a Comment

Popular Post