YESUS MENGUTUS ROH KUDUS


 

YESUS MENGUTUS ROH KUDUS
Materi Kelas VIII, Bab 9
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd


Dasar Kitab suci/Biblis :
Yohanes 14: 15-20

Yoh 14:15 


"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
Yoh 14:16 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 14:17 
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 14:18 
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 14:19 
Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.
http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  Yoh 14:20 
Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.















1.       Mengapa Yesus mengutus Roh Kudus kepada para Rasul !
·         Karena Yesus pernah berjanji kepada Para Rasul, untuk memberikan seorang Penolong yang lain untuk menyertai mereka selama-lamanya.

·         Karena Yesus tahu bahwa  para Rasul, ketakutan dan kecemasan yang luar biasa . Mereka sedih karena merasa ditinggalkan oleh gurunya. Mereka takut, bukan kepada para pemimpin Yahudi yang di duga akan memperlakukan mereka seperti mereka perbuat kepada Yesus, Gurunya, melainkan juga takut memberi kesaksian tentang Yesus. (bdk. Yesus mengutus muridNya ke tengah-tengah serigala)


2.       Apakah sebutan-sebutan lain Roh Kudus !
·         Roh Kudus adalah nama khas Pribadi ke tiga Tritunggal Mahakudus Yesus juga menyebutNya Roh Paraklitus (Penghibur, Pembela) dan Roh Kebenaran.
·         Perjanjian baru juga menyebutNya Roh Kristus, Roh Tuhan dan Roh Allah, Roh Kemuliaan dan Roh Perjanjian.
*(Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No.138)


3.       Ceritakan  apa yang terjadi Peristiwa Pentakosta sesuai dengan  Kisah Rasul 2: 1-13 !
·         Lima puluh hari sesudah kebangkitan , pada hari Pentakosta, Yesus Kristus yang sudah dimuliakan mencurahkan Roh Kudus secara berkelimpahan dan menyatakanNya sebagai pribadi Ilahi, sehingga Tritunggal Kudus diwahyukan secara penuh . Misi Krisitus dan misi Roh menjadi misi Gereja yang diutus untuk mewartakan misteri komunio trinitaris. (Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No.144)



4.       Jelaskan dampak kehadiran Roh Kudus pada peristiwa Pentakosta dalam diri para Rasul !
·         Roh Kudus memberikan daya hidup baru kepada para rasul
·         Roh kudus memperbaharui hati mereka, sehingga hati mereka mengalami perubahan dari ketakutan menjadi berani untuk mewartakan kebenaran atas peristiwa yang dialami Yesus Kristus.

5.       Dengan simbol apa Roh Kudus dilambangkannya !
·         Ada banyak simbol Roh Kudus :
1) air hidup, yang memancarkan dari Hati Yesus yang terluka dan memuaskan dahaga orang-orang yang dibabtis,
 2) Pengurapan dengan minyak suci, yang merupakan tanda sakramental penguatan, 3) Api yang mengubah apa saja yang dijamahnya,
4) Awan, gelap atau terang , tempat kemuliaan ilahi dinyatakan :
5) penumpangan tangan , melalui mana Roh Kudus dicurahkan
6 ) Burung merpati, yang turun ke atas Kristus dan tinggal bersamaNya pada waktu pembabtisan
*(Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No.139)


6.       Apa hubungan antara Roh Kudus dan Yesus Kristus dalam misiNya di dunia ?
·         Melalui pengurapan Roh, Putra Allah dikuduskan sebagai Mesias dalam kemanusiaanNya sejak dari Penjelmaan. Dia mewahyukan Roh Kudus dalam pengajaranNya dengan memenuhi janji yang diberikan kepada para bapa bangsa , dan mengkomunikasikanNya kepada Gereja yang sedang lahir dengan menghembusi para Rasul sesuadah Kebangkitan Yesus. (Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No.143)

7.       Buatlah doa singkat tentang Roh Kudus agar juga menerangi hati dan menyertai tugas-tugasnya sehari-hari !
·         Ya Tuhan Yesus, Engkau pernah menjanjikan Roh Kudus untuk menerangi dan menyertai tugas kami sehari-hari. Kami sangat merindukan rahmatMu , ya Tuhan agar kami mampu melaksanakan tanggungjawab yang Engkau percayakan pada kami. Biarlah Roh Kudus senantiasa memampukan kami sehingga namaMu semakin dikenal dan dimuliakan kini dan sepanjang masa, amin.

8.       Siapakah Roh Kudus yang diwahyukan oleh Yesus Kristus kepada kita ?
·         Dia adalah pribadi ke tiga Tritunggal. Dia adalah Allah, satu dan setara dengan Bapa dan Putra. Dia berasal dari Bapa (Yohanes 15:26) yang adalah dasar tanpa dasar dan asal semua trinitas . Dia juga berasal dari Putra (Filioque) melalui anugerah kekal yang Bapa buat untuk Putra. Diutus oleh Bapa dan Putra yang dijelmakan , Roh Kudus membimbing Gereja :” untuk mengenal seluruh kebenaran”(Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No. 47)

9.       Bagaimana Kristus dan Roh Kudus berkarya dalam hati umat beriman !
·         Melalui sakramen-sakramen , Kristus mengkomunikasikan RohNya dan rahmat Allah, yang menghasilkan buah-buh hidup baru menurut Roh Kudus kepada semua anggota TubuhNya , Akhirnya Roh Kudus adalah Guru Doa .
(Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang) Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr; No. 146)

















































Komentar

  1. Shalom bapak, ibu saudara/i di manapun berada. Apakah ada diantara bapak/ ibu/ saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael? Ini adalah kalimat pengakuan iman orang Yahudi yang biasa diucapkan pada setiap ibadah mereka baik itu di rumah ibadat atau sinagoga maupun di rumah. Yesus juga menggunakan Shema untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat mengenai hukum yang utama. Kita dapat baca di Ulangan 6 ayat 4 dan pernah juga dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 : 29. Dengan mengucapkan Shema, orang Yahudi mengakui bahwa YHWH ( Adonai ) Elohim itu esa dan berdaulat dalam kehidupan mereka. Berikut teks Shema Yisrael tersebut dalam huruf Ibrani ( dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) beserta cara mengucapkannya ( tanpa bermaksud untuk mengabaikan atau menyangkal adanya Bapa, Roh Kudus dan Firman Elohim yaitu Yeshua haMashiakh/ ישוע המשיח, yang lebih dikenal oleh umat Kristiani di Indonesia sebagai Yesus Kristus ) berikut ini Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : ” שְׁמַ֖ע ( Shema ) יִשְׂרָאֵ֑ל ( Yisrael ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֱלֹהֵ֖ינוּ ( Eloheinu ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֶחָֽד ( ekhad ) ” Lalu berdasarkan halakha/ tradisi, diucapkan juga berkat: ” ברוך שם כבוד מלכותו, לעולם ועד ” ( ” barukh Shem kevod malkuto, le’olam va’ed ” ) yang artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selama-lamanya ” ). Apakah ada yang mempunyai pendapat lain?

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam bapak Dennis, terimakasih atas pertanyaannya, maaf baru sekarang saya tanggapi. Shema Yisrael tidaklah bertentangan dengan Dogma Gereja tentang Allah Tritunggal maupun Keilahian Kristus. Dalam Shema, disebut Echad / esa (satu namun memiliki kejamakan), bukan Yachid / satu (tanpa kejamakan). Sang Firman lahir dari Allah Bapa, tidak membagi keilahian menjadi Dua keilahian, tapi tetap Satu Keilahian. Mengenai hal ini kami mungkin akan mencoba membuat artikel secepatnya terima kasih.

      William S.

      Hapus

Posting Komentar