HIERARKI DAN AWAM























HIERARKI DAN AWAM
Kelas XI-Bab 3
Kepustakaan : Yoseph Kristianto, dkk. 2010. Menjadi Murid Kristus. Kanisius.Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Pengertian dan dasar kepemimpinan dalam Gereja (Hierarki)
  1. Kepemimpinan dalam Gereja disebut juga apa ?
·         KepemimpinanGereja disebut juga Hierarki
  1. Siapa Pemimpin tertinggi umat Katolik ?
·         Pemimpin umat Katolik  yang tertinggi adalah Paus.
  1. Apa artinya Calon Paus dalam bahasa latin ?
·         Papabilis
  1. Jelaskan siapa Kardinal Roncalli yang terpilih sebagai Paus Yohanes XIII dan apa perannya !
·         Seorang Paus yang diangkat sebagai Paus di usia tuanya, Belia juga tidak diharapkan sebagai Paus terpilih, Beliau  juga di anggap sebagai Paus Peralihan, tetapi justru dari  pemikiran Beliau Gereja mengalami angin perubahan, membaharui kehidupan Gereja, dan Belaiau yang melahirkan Motto : Aggiornamento” yang berarti Gereja harus senantiasa membaharui diri sesuai dengan tuntutan jaman.
·         Pada awal pelayanannya sebagai Paus, secara simbolis Beliau meminta agar  semua jendela di Vatikan di buka lebar-lebarnya. Saat itulah udara segar masuk dan itu semua  menginspirasi Gereja yang harus terbuka kepada dunia, supaya udara segar dapat masuk dan  pandangan  jauh ke depan tidak terhalang.
·         Salah satu keputusan yang menggemparkan pada zamannya yaitu ketika Beliau mengumkannya akan diadakannya konsili. Konsili yaitu sidang agung uskup-uskup sedunia. Sejak diumumkannya konsili , Beliau sendiri bingung dan tidak dapat tidur. Namun akhirnya Beliau berkata pada dirinya sendiri. “ Roncalli, mengapa engkau bingung dan gelisah ?, Konsili itu urusan Roh Kudus, dan itu sama sekali bukan urusanmu ! Sejak saat itu, Beliau akhirnya bisa tudur. Dan Memang, pada akhirnya Konsili Vatikan II terlaksana dan semua orang mengakui bahwa Konsili Vatikan II adalah karya Roh kudus, Roh Allah di abad ini.
·          Hal yang dapat dipetik dari peristiwa ini yaitu bahwa begitu besar campur tangan Allah dalam pemilihan dan karya Paus Yohanes XXIII. Jelas, bahwa terpilihnya Roncalli sebagai Paus bukan secara kebetulan, namun ada campur tangan Tuhan. Campur tangan Tuhan (bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu, Yoh 15:16),  nampak dalam karya Roncalli sebagai Paus Yohanes  XXIII ada pembaharuan di dalam Gereja.
  1. Jelaskan bahwa menjadi pimpinan di dalam Gereja  bukanlah urusan manusia belaka !
·         Dasar Injil yang dapat menjelaskan : Yohanes 21:15-19
 Yoh 21:15 
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
  Yoh 21:16 
Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
  Yoh 21:17 
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.
  Yoh 21:18 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."
  Yoh 21:19 
Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

Penjelasannya :
·          Menjadi pimpinan Gereja bukanlah urusan manusia belaka, menurut keyakinan kita , Tuhanlah yang telah memilih dan menetapkan seseorang menjadi seorang pimpinan.
Kisah Pengangkatan Petrus,
·         sebagai Gembala merupakan hasil pemilihan Tuhan sendiri. Kita tahu, Petrus bukanlah orang yang sempurna, ia sendiri banyak kekurangan dan kelemahan, ia seorang yang sembrono, labil dan bahkan pernah menyangkal Yesus.
·         Namun yang dituntut dari Tuhan pada Petrus sebagai Gembala adalah hanyalah KASIH. Kasih mampu menghapus banyak dosa. Dan juga yang penting adalah Kasihnya terhadap Tuhan tidak diragukan lagi. Kasih menggerakkan dirinya untuk melaksanakan tugas dengan rela sebagai Gembala.  
·         Pada akhirnya Petrus pun rela wafat dan di salib (kepala terbalik) demi iman dan kasihnya pada Tuhan.
  1. Jelaskan pengertian Hierarki !
·         Kata “Hierarki” berasal dari bahasa Yunani “hierarchy” yang berarti “asal usul suci atau tata susunan”.
·         Tingkatan Hierarki (Hierarchia ordinis) Gereja terdiri atas Uskup, Imam dan Diakon. Dengan demikian yang dimaksud dengan Hierarki Gereja adalah Kepemimpinan di dalam Gereja.
·         Menurut ajaran resmi Gereja, hierarki atau tata susunan (struktur ) hierarkis Gereja berasal dari Kristus. Oleh Konsili Vatiakan II dalam Lumen Gentium artikel 20 dikatakan bahwa “ atas penetapan Ilahi, para uskup menggantikan para Rasul sebagai Penggembala Gereja.
Susunan Hierarki
  1. Istilah “hierarki” pertama-tama mengandung suatu tingkatan dari atas ke bawah
  2. Jelaskan awal mula kepemimpinan dalam Gereja !
·         Pada mulanya Gereja dipimpi oleh para rasul dan Petrus sebagai pemimpin tertinggi.
·         Sesudah para rasul meninggal kepemimpinan itu diwariskan kepada penggantinnya yaitu USKUP. Dengan demikian USKUP adalah pengganti para rasul.
  1. Jelaskan bahwa Para Uskup adalah pengganti para rasul, hal ini ditegaskan dalam Konsili Vatikan II !
·         Perutusan ilahi, yang dipercayakan oleh Kristus kepada para rasul itu, akan berlangsung sampai akhir zaman (lihat Matius 28:20) , sebab injil yang harus mereka wartakan , bagi Gereja merupakan asas seluruh kehidupan untuk selamanya. Maka dari itu , himpunan yang tersusun secara hierarkis itu para rasul telah berusaha mengangkat para pengganti  mereka . Demikianlah oleh kesaksian Santo Ireneus , melalui mereka yang oleh para rasul diangkat menjadi uskup serta para pengganti mereka sampai zaman kita, tradisi rasuli dinyatakan dan dipelihara di seluruh dunia (Lih. LG art. 20).
  1. Jelaskan tugas dewan para Uskup !
·         Dewan para Uskup dalam kesatuannya  dengan Paus  melaksanakan otoritas tertinggi dan penuh atas  Gereja.
PAUS
  1. Jelaskan Siapa itu Paus !
·         Paus pada dasarnya adalah seorang Uskup. Kekhususnya sebagai Paus adalah bahwa dia sebagai Ketua Dewan Para Uskup.
  1. Jelaskan apa isi dari Konsili Vatikan II, dalam Lumen Gentium artikel  22  !
·         Kristus mengangkat Petrus menjadi Ketua para rasul Nya . Maka Petrus menjadi pemimpin para rasul.
·         Paus sebagai pengganti Petrus  adalah pemimpin para USKUP . Paus sebagai Uskup utama , Primat Primacy (bhs Yunani) yang artinya tempat utama dalam Gereja Semesta .
·         Paus juga dikatakan sebagai Uskup Roma dan Kota Roma adalah tempat kedudukan utama Paus sebagai pemimpin Gereja katolik semesta.
  1. Apa yang menjadi tugas perutusan Paus !
·         Paus sebagai Uskup Roma dan pengganti Petrus adalah sumber dan dasar yang kelihatan dari kesatuan Gereja.
·         Paus adalah wakil Kristus , Kepala Dewan Para Uskup dan Gembala Gereja Universal  lewat penetapan ilahi , ia memperoleh kuasanya yang penuh , tertinggi, langsung dan universal.
USKUP
  1. Jelaskan Siapa Uskup itu !
·         Uskup ialah mereka yang selalu berkarya dalam persekutuan dengan uskup-uskup lain dan mengakui paus sebagai kepala.
  1. Jelaskan karya seorang Uskup !
·         Konsili Vatikan II merumuskan : Masing-masing uskup menjadi asas dan dasar  kelihatan bagi kesatuan dalam Gerejanya (LG aert,23)
  1. Jelaskan tugas pokok Uskup !
·         Uskup adalah seorang Gembala yang membimbing dan melayani umatnya “Pelayanan”
·           Uskup bertugas sebagai pemersatu yang dijabarkan dalam tiga tugas khusus, yaitu Pewartaan, Perayaan dan Pelayanan.
·         Dari ketigas tugas utama itu yang terpenting adalah pewartan injil. Tugas berikutnya adalah  Perayaan : tugas mempersembahkan ibadat agama kepada Allah yang Maha Agung  dan mengaturnya menurut perintah Tuhan dan hukum Gereja. Sedangkan Pelayanan adalah tugas yang terakhir yaitu membimbing Gereja yang dipercayakan kepada mereka sebagai wakil dan utusan Kristus bukan hanya dengan petunjuk-petunjuk, nasehat-nasehat dan teladan hidup mereka , melainkan juga dengan kewibawaan dan kuasa suci.
Pembantu Uskup : Imam dan Diakon
  1. Jelaskan Siapa Imam  !
·         Para Imam  adalah wakil uskup, menghadirkan uskup di setiap jemaat setempat.
·         Sampai abad ke-6 sebuah keuskupan wilayahnya  tidak lebih dari paroki,  maka seorabg Uskup disebut sebagai Pator kepala, dan imam-imam pada jaman itu disebut Pastor Pembantu.
·         Tugas Imam juga seperti Uskup yaitu mewartakan Injil dan menggembalakan umat beriman dan untuk merayakan ibadat (tertahbis)
·         Membimbing umat agar semakin menghayati penggilannya sesuai dengan injil dan mewartakan Kasih Allah.
  1. Jelaskan tugas Diakon !
·         Diakon adalah tingkatan terendah dalam dalam struktur hierarki Gereja .
·         Seorang Diakon yang mendapat tumpangan tangan Uskup bukan untuk tugas imamat, melainkan untuk tugas pelayanan.
·         Para Diakon adalah pembantu khusus Uskup di bidang materi, sedangkan Imam adalah Pembantu umum.
·         Tugas Diakon sejauh dipercayakan kepadanya oleh kewibawaan yang berwenang adalah menerimakan babtis  secara meriah, menyimpan dan membagikan Ekaristi , atas nama Gereja menjadi saksi perkawinan dan memberkatinya, mengantarkan komuni suci terakhir kepada orang yang mendekati ajalnya, membacakan kitab suci kepada kaum beriman , mengajar dan menasehati umat, memimpin ibadat dan doa kaum beriman, menerimakan sakramen-sakramentali , memimpin upacara jenasah ke pemekaman (Lihat Lumen Gentium  art. 29)
  1. Jelaskan siapa Kardinal itu !
·         Kardinal bukanlah jabatan Hierarkis dan tidak termasuk dalam struktur hierarki.
·         Kardinal adalah anggota badan tertinggi Gereja Katolik Roma.
·         Dewan Kardinal berada di bawah Paus. Dewan ini sejak 1059 mempunyai kewajiban antara lain memilih seorang Paus baru, jika Paus meninggal. Dewan kardinal yang dibentuk Para Kardinal yang jumlahnya 120 orang, yang  memiliki hak untuk memilih Paus. Dan Kardinal dipilih oleh Paus secara bebas dan usinya di bawah 80 Tahun.
·         Kardinal adalah penasehat  utama Paus dan pembantu Paus terutama dalam reksa hasian seluruh Gereja .
Fungsi Hierarki
  1. Jelaskan fungsi tugas Paus, Uskup, Imam dan diakon dalam kehidupan Gereja !
·         Seluruh umat Allah mengambil bagian di dalam tugas Kristus sebagai Nabi (mengajar), Imam (menguduskan) , dan Raja (Menggembalakan).
  1. Jelaskan arti kata mengambil bagian dalam kehidupan Gereja !
·         Mengambil bagian berarti teribat penuh dalam tugas Kristus sendiri berkat sakramen babtis dan karena seluruh umat memiliki martabat yang sama.
  1. Jelaskan bagaimana tiap komponen umat (hierarki, biarawan-biarawati , awam) menjalankan tugas dengan cara yang berbeda !
·         Dalam mengambil bagian umat Allah tidak harus bersifat seragam. Oleh karena itu Gereja memberikan pembagian tugas.
·         Tiap komponen menjalankan tugas dengan cara yang berbeda. Cara inilah yang membedakan umat Allah dalam menghayati panggilan masing-masing.  
  1. Jelaskan fungsi Hiererki !
·         Menjalankan tugas kepemimpinan dalam komunikasi iman. Hierarki mempersatukan umat dalam iman dengan petunjuk , nasehat, teladan dan juga dengan kewibawaan serta kekuasaan kudus. (LG art.27). Kepemimpinan hierarki Gereja Katolik memilki karakter yang khusus:                                                                           a) Kepemimpinan hierarki Gereja katolik merupakan suatu panggilan khusus yang di dalamnya campur tangan Tuhan merupakan unsur yang dominan. Kepemimpinan dalam Gereja katolik tidak diangkat oleh manusia berdasarkan suatu bakat, kecakapan, prestasi tertentu, atau pun oleh kekuatan manusia sendiri, melainkan oleh pilihan Allah sendiri. Yohanes 15: 16 “ Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu”                                                             b) Kepemimpinan dalam Gereja katolik bersifat mengabdi dan melayani dalam arti semurni-murninya. Walaupun ia sungguh mempunyai wewenang yang berasal dari Kristus sendiri . Oleh karena itu kepemimpinan  ini bersifat melayani dan bukan dilayani, ia menjadi yang terakhir dan bukan yang pertama.
·         Menjalankan tugas sebagai pemersatu. Tugas pemersatu di bagi menjadi tiga tugas khusus menurut 3 bidang kehidupan Gereja yaitu Pewartaan, perayaan dan pelayanan.
Peranan Hierarki
  1. Jelaskan fungsi kepemimpinan hierarki !
·         Fungsi kepemimpinan hierarki adalah untuk menggembalakan Gereja sebagai umat Allah.  
  1. Jelaskanlah dua peran utama hierarki dalam konteks Gereja Semesta (universal) !
·         Memberikan bimbingan pastoral dan tugas pengajaran. Hierarki melalui Dewan Para uskup dan kesatuan dengan Imam Agung di Roma menjalankan tugas pengajaran dan bimbingan pastoral (Pemeliharaan jiwa-jiwa). Tugas mengajar dan memberikan bimbingan itu kerap dikenal dengan istilah Magisterium  Gereja atau Kuasa mengajar Gereja  dalam bidang iman.”Wewenag mengajar” tidak berarti bahwa dalam pewartaan hanya hierarki yang aktif, sedangkan yang lain pasif. Hirarki bertugas menjaga dan memajukan kesauan serta komunikasi di dalam umat Allah .
·           Memperhatikan Gereja –gereja di seluruh dunia. Hierarki Gereja memperhatikan pula situasi-situasi yang dialami oleh Gereja –Gereja Partikular di seluruh dunia (Amerika, Afrika, Eropa, Asia, dsb).Gereja katolik melibatkan diri kepada gereja yang dianiaya, menderita dan yang membutuhkan pertolongan tertentu.
Corak Kepemimpinan dalam Gereja
  1. Jelaskanlah bahwa kepemimpinan dalam Gereja merupakan panggilan khusus !
·         Kepemimpinan hierarki Gereja katolik merupakan suatu panggilan khusus yang di dalamnya campur tangan Tuhan merupakan unsur yang dominan. Kepemimpinan dalam Gereja katolik tidak diangkat oleh manusia berdasarkan suatu bakat, kecakapan, prestasi tertentu, atau pun oleh kekuatan manusia sendiri, melainkan oleh pilihan Allah sendiri. Yohanes 15: 16 “ Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu”                                                             
·          Kepemimpinan dalam Gereja katolik bersifat mengabdi dan melayani dalam arti semurni-murninya. Walaupun ia sungguh mempunyai wewenang yang berasal dari Kristus sendiri . Oleh karena itu kepemimpinan  ini bersifat melayani dan bukan dilayani, ia menjadi yang terakhir dan bukan yang pertama. Paus dikatakan sebagai Servus Servorum Dei artinya Hamba dari hamba-hama  Allah.
·         Kepemimpinan Hierarki berasal dari Tuhan sehingga tidak dapat dihapus oleh manusia. Kepemimpinan masyarakat dapat diturunkan oleh manusia, karena ia memang diangkat dan diteguhkan oleh manusia.
  1. Jelaskan Kisah Pastor Maximillian Kolbe yang mengorbankan nyawa demi memperjuangkan keadilan!
·         Pastor Maximillian Kolbe berani menyerahkan dirinya untuk menggantikan orang yang akan dihukum tembak mati.
Kaum Awam dalam Gereja Katolik
  1. Jelaskan arti kata awam !
·         Kata “Awam”  dalam bahasa Yunani “Laity” (umat) adalah orang beriman yang sudah menjadi warga penuh gereja melalui pembabtisan, penguatan, dan komuni.  (lih. 1 Petrus 2: 9-10), tetapi tidak menerima tahbisan suci dan menjadi klerus.
  1. Jelaskanlah siapa  awam menurut Lumen Gentium art. 31 !
·         Yang dimaksud awam yaitu semua orang beriman kristiani kecuali mereka yang termasuk golongan imam atau status religius yang diakui dalam Gereja
·         Awam adalah kaum beriman kristiani yang berkat babtis telah menjadi anggota tubuh kristus , terhimpun menjadi umat Allah dengan cara mereka sendiri ikut mengemban tugas imamat , kenabian dan rajawi Kritus  dan dengan demikian sesuai dengan kemampuan mereka melaksanakan perutusan segenap umat kristiani dalam  Gereja dan di dunia.
  1. Jelaskanlah bahwa awam memiliki segi kebersamaan !
·         Awam adalah bagian dari anggota umat Allah yang memiliki unsur kebersamaan. Unsur kesamaan dan kebersamaan awam diletakkan dalam pemahaman bahwa umat Allah (Hierarki, biarawan dan biarawati, awam) bersama-sama secara fundamental memiliki martabat yang sama oleh karena babtis dan karenanya  berpartisipasi dalam tugas Kristus sebagai Imam, Nabi dan Raja.
  1. Jelaskanlah bahwa awam memiliki segi kekhususan !
·         Awam adalah anggota umat Allah yang bukan rohaniwan dan bukan biarawan.
·         Defenisi teologis terkait dengan awam yaitu mereka yang tidak menerima tahbisan dan bukan biarawan –biarawati.
·         Imamat Umum kaum beriman dimiliki oleh Gereja sebagai umat Allah
·         Imamat Khusus adalah imamat jabatan (mereka yang menerima tahbisan imamat) . Perbedaan antara awam dan imam lebih bersifat fungsional.

Peranan Kaum Awam

  1. Jelaskanlah kerasulan internal atau kerasulan dalam gereja !
·         Kerasulan membangun jemaat . Kerasulan ini lebih diperankan oleh jajaran hierarki walaupun awam dituntut pula untuk mengambil bagian di dalamnya .
  1. Jelaskanlah kerasulan eksternal atau kerasulan dalam tata dunia!
·         Kerasulan yang lebih diperankan dominan oleh kaum awam dibandingkan dengan  para klerus, Klerus  juga bisa terlibat di bidang pekerjaan duniawi.
Kerasulan dalam Gereja
  1. Jelaskan mengapa hierarki bertanggungjawab terhadap tugas kerasulan !
·         Hierarki mempunyai fungsi utama sebagai pemersatu dan pemimpin jemaat.   Namun demikian bukan berarti monopoli kaum hierarki saja sebab Gereja yang adalah umat Allah  juga terdiri atas kaum awam.
  1. Bagaimana kaum awam mengambil  bagian dalam tugas kenabian !
·         Dengan menerima sabda Kristus dan mewartakannya pada dunia melalui kesaksian hidup, kata-kata dan tindakan  serta katekese. Sebagai awam dipangil untuk mewartakan Kristus di tengah keluarga, masyarakat, sekolah, partai, melalui kesaksian dengan sikap, tindakan dan kata-kata.
  1.  Bagaimana kaum awam mengambil bagian dalam tugas Imamat !
·         Awam dapat terlibat melalui kegiatan Ekaristi dengan mempersembahkan hidup mereka dalam seluruh pekerjaan , doa, dan usaha kerasulan.
  1. Bagaimana kaum awam mengambil bagian dalam tugas rajawi !
·         Kaum awam dapat mengambil bagian dalam tugas rajawi  karena mereka menerima kuasa dariNya untuk mengatasi dosa dalam diri mereka dan dalam dunia, melalui penyangkalan diri dan kesucian hidup.

Hubungan Hierarki dan Kaum Awam
  1. Bagaimana relasi hierarki dengan awam terjalin !
·         Baik hireraki dan awam mempunyai fungsi dalam rangka mewujudkan kerajaan Allah. Maka Hierarki dan awam saling memperkaya, melengkapi, saling menghargai dalam hidup bersama.
Peranan Kaum Muda dalam hidup menggereja
  1. Jelaskan mengapa kaum muda sebagai penerus Gereja !
·         Kaum muda adalah generasi penerus Gereja untuk memperkembangkan Gereja itu sendiri. Keterlibatan kaum muda dalam gereja dan berkelompok maupun pribadi berdasarkan kharisma dan potensi yang Tuhan berikan.
·         Adapun bentuk-bentuk keterlibatan kaum muda dalam gereja yaitu Misdinar, anggota Koor, organis dan petugas liturgi lainnya : Lektor. Persembahan dll.
  1. Jelaskanlah Peranan kaum muda katolik indonesia di dalam Gereja dan dunia saat pertemuan Hari Kaum Muda sedunia (WYD, World Youth Day, yang berlangsung, ke -23 , pada tanggal  15-20 Juli 2008. di Sydney , Australia.  
·         Pesan dari pertemuan di atas  ada 3 masalah mendasar yaitukorupsi, kekerasan, dan  kerusakan lingkungan hidup yang semakin parah.

Komentar