MEMBANGUN MASYARAKAT INDONESIA YANG SEJAHTERA









MEMBANGUN MASYARAKAT INDONESIA YANG SEJAHTERA

Kelas XII-Bab 3Kepustakaan : Yoseph Kristianto, dkk. 2010. Menjadi Murid Kristus. Kanisius.YogyakartaDisusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Apa ukuran nilai-nilai tingkat kesehjateraan hidup manusia !
·         Nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran,  perdamaian dan keutuhan ciptaan.
Jelaskan apa itu Kerajaan Allah !
·         Situasi hidup manusia yang didambakan atau dirindukan oleh setiap orang yang berkehendak baik sesuai dengan Kehendak Allah sendiri.
Sejak kapan hadirnya Kerajaan Allah itu di mulai secara difinitif !
·         Kerajaan Allah itu hadir secara defenitif  dalam diri Yesus Kristus , dalam sabda dan KaryaNya, sebab Yesus Kristus adalah  autobasilea artinya Kerajaan Allah yang mempribadi. Yesus adalah Firman Allah yang menjadi daging (lih. Yoh 1:18). Dalam diri Yesuslah Allah sungguh hadir di tengah-tengah manusia.
Apa misi pokok Yesus datang ke dunia  dihubungkan dengan perpektif membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera !
·         Misi  pokok Yesus datang ke dunia adalah mewartakan dan memperjuangkan terwujudnya Kerajaan Allah. Dalam perspektif cita-cita Yesus itulah pembangunan masyarakat Indoensia yang sejahtera kita perjuangkan.  

Memperjuangkan Keadilan , Kejujuran, Kebenaran dan Perdamaian
Apa yang menjadi kerinduan dari setiap orang yang berkendak baik !
·         Yang menjadi kerinduan dari setiap orang yang berkehendak baik yaitu Keadilan, kejujuran, kebenaran dan rasa damai.
Bagaimana Kerajaan Allah dapat terwujud di dunia !
·         Kerajaan Allah dapat tercipta atau terwujud apabila keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan Perdamaian mewarnai kehidupan manusia, baik perorangan maupun dalam kebersamaan sehingga orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan  dan kepada yang miskin diberitakan kabar baik (bdk. Lukas 7:22)
·         Lukas 7:22

Pengertian Keadilan, Kejujuran, Kebenaran, dan Perdamaian
Jelaskan Pengertian adil  dan Keadilan !
·         Adil : Tidak berat sebelah, berpihak pada yang benar atau berpegang pada kebenaran.
·         Keadilan : berarti memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya.
Jelaskan apa ajaran Gereja Katolik terkait dengan keadilan !
·         Gereja Katolik mengajarkan bahwa:
a.       keadilan tidak  hanya tertuju kepada sesama tetapi juga kepada Allah.
b.      Keadilan juga dapat diartikan sebagai kehendak  yang tetap dan teguh untuk  memberi kepada Allah dan sesama, apa yang menjadi hak mereka.
c.       Keadilan terhadap Allah dinamakan “Kebajikan penghormatan kepada Allah “. Sedangkan Keadilan tehadap manusia mengatur supaya manusia saling menghormati hak setiap orang, mengatur hubungan diantara mereka demi kesehjateraan bersama .
d.      Matius 22: 21

Jelaskan pengertian kebenaran !
·         Kebenaran adalah keadaan yang cocok  atau sesuai dengan hal yang sesungguhnya . Kebenaran yang dimaksud sesuai dengan arti dan makna Firman kedelapan yang berbunyi : “Jangan bersaksi dusta terhadap sesamamu manusia. (Keluaran 20:8) . Nilai kebenaran inilah yang terus kita perjuangkan.
Jelaskan pengertian jujur !
·         Jujur adalah tulus hati, tidak curang, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain.
·         Kejujuran  merupakan keselarasan antara suara hati , kata yang diucapkan , serta sikap dan perbuatan kita.
·         Di tengah banyaknya kasus ketidakjujuran dan ketidakbenaran , umat katolik dinasehati untuk berbuat jujur, adil  dan benar dan terus diperjuangkan untuk menghadirkan Kerajaan Allah di dunia.  
Jelaskan pengertian Damai !
·         Damai dalam Perjanjian Lama adalah shalom, yang berarti kesehjateraan pribadi dan masyarakat yang terus menerus harus diusahakan . Dalam Mazmur 34:15, diserukan agar kita mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.
·         Dalam Perjanjian Baru, Yesus mengajarkan bahwa damai dilakukan dengan membersihkan dunia dari segala macam kejahatan dan kedurhakaan. Damai dapat terjadi dengan saling memberi maaf tanpa pernah mengingat-ingat kesalahan (Mat 18:22), Yesus mengajarkan  tentang  damai  bukan hal yang lahiriah, tetapi pada batiniah yang sepenuhnya berakar dalam kebenaran, yaitu didalam diri Yesus . Damai bukan hanya berarti tidak ada perang atau kekacauan , lebih dari itu damai berarti ketenangan hati karena orang memiliki hubungan yang bersih dengan Tuhan, sesama dan dunia. Damai sejahtera di dunia berati menampakkan kehadiran Kerajaan Allah .
·         Damai menurut ajaran Gereja  yaitu damai bukan berarti tidak hanya ada perang. Damai berarti situasi selamat sejahtera dalam diri manusia yang didasarkan pada seamngat kasih, tanpa ada dendam dan permusuhan (Lukas 6: 27-36) . Perdamaian adalah tata kehidupan masyarakat yang didasarkan pada kasih dan keadilan.
Fakta-fakta Ketidakadilan , Ketidakjujuran, Ketidakbenarandan situasi Tidak Damai dalam masyarakat
Kapan  Kerajaan Allah akan terpenuhi dalam masyarakat !
·         Apabila masyarakat telah menikmati Keadilan Sosial, Kejujuran, kebenaran yang dijunjung tinggi, serta damai terjadi dalam masyarakat.
Mengapa Kerajaan Allah masih jauh dari harapan ?
·         Kerajaan Allah masih jauh dari harapan karena masih banyaknya masalah ketidakadilan, Ketidakjujuran, Ketidakbenaran, konflik dan pertikaian
Apa masalah ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia !
·         Adanya jarak  yang menganga  antara si kaya dan si miskin terkait dengan kehidupan  baik ekonomi, perlindungan hukum , pendidikan,  hak mendapatkan pekerjaan dan hak mendapatkan pelayanan kesehatan  yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sebutkan bentuk ketidakjujuran yang terjadi dalam masyarakat !
·         Ketidakjujuran dalam tataran personal antar orang, publik dan sistematis.
Mengapa masih terjadi kebohongan dalam masyarakat !
·         Karena mereka berpikir bahwa dengan kebohongan akan memperoleh keuntungan.
Jelaskanlah Struktur Sosial dengan model Konsensus !
·         Struktur sosial yang ada merupakan hasil konsensus bersama anggota masyarakat, perjanjian dan pengakuan bersama akan nilai-nilai.
Jelaskanlah Struktur Sosial dengan model Konflik/Radikal !
·         Struktur sosial yang ada sebagi hasil pemaksaan sekelompok kecil (minoritas) anggota masyarakat terhadap mayoritas anggota masyarakat. Struktur sosial yang dibuat oleh minoritas anggota masyarakat  itu terutama dimaksudkan untuk melindungi kepentingan kelompok  elite serta membuat ketergantungan hidup  kaum mayoritas  (miskin) terhadap kaum  minoritas (elite) .   
Jelaskanlah pengertian kemiskinan struktural !
·         Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh karena struktur yang menimpa seseorang sebagai  anggota golongan masyarakat tertentu.
 Mengapa Struktur sosial model Radikal atau Konflik  mampu membedah atau mengurai penyebab ketidakadilan, ketidkjujuran, ketidakbenaran dan pertikaian  dalam masyarakat !
·         Karena struktur sosial model radikal/konflik  mampu membedah permasalahan secara lebih mendasar sampai ke akar permasalahan yang sesungguhnya.
Jelaskanlah maksudnya kemiskinan Politik !
·         Kemiskinan politik  adalah suatu bentuk kemiskinan yang terkait dengan tidak dilibatkannya atau diikutsertakannya masyarakat dalam pengambilan keputusan.  
Jelaskanlah maksudnya kemiskinan sosial !
·         Kemiskinan sosial adalah suatu bentuk kemiskinan yang membelenggu kebebasan masyarakat untuk membangun persaudaraan dan solidaritas .
  Jelaskanlah maksud kemiskinan spiritual !
·         Kemiskinan spiritual adalah suatu bentuk kemiskinan yang jika masyarkatnya dihalang-halangi untuk menghayati  dan mengekspresikan imannya.
Jelaskanlah pengertian struktur soal   !
·         Struktur sosial adalah interaksi manusia yang sudah terpola dalam institusi-institusi ekonomi, politik, agama, budaya dan keluarga.
·         Struktur sosial adalah keseluruhan aturan permainan dalam berinteraksi sosial. Aturan yang tertulis meliputi  UUD, UU, PP, PERPU, PERMEN, PERDA , sedangkan aturan . hukum tidak tertulis meliputi : adat istiadat, norma, tata krama dan sopan santun.
Jelaskanlah pengertian aturan permainan yang adil !
·         Aturan permainan yang adil adalah aturan permainan yang yang menguntungkan semua pihak.
Siapa pembuat aturan dalam kehdiupan masyarakat !
·         Yang membuat aturan yaitu Pemerintah (Eksekutif) dan DPR (Legislatif)  . Diharapkan DPR sungguh-sungguh memperjuangkan nasib rakyat  secara keseluruhan tidak sekelompok tertentu.
 Mengapa aturan permainan yang tidak adil melahirkan ketidakadilan sosial !
·         Karena aturan permainan yang dibuat tidak untuk mengayomi semua rakyat , melainkan hanya mengutungkan sekelompok masyarakat saja.
Berbagai hambatan dalam usaha menegakkan keadilan, kejujuran, kebenaran dan perdamaian dalam masyarakat !
Mengapa kaum Konservatif tidak memandang kemiskinan sebagai masalah serius !
·         Karena kaum konservatif  mempunyai pandangan  bahwa kemiskinan akan dapat terselesaikan dengan sendirinya asalkan masyarkat mempunyai kesadaran  untuk mematuhi tatanan sosial yang sudah ada demi kebaikan semua. Kaum Konservatif tidak mendukung campur tangan pemerintah memberi bantuan kepada kaum miskin, segala bentuk bantuan membuat orang miskin manja dan tidak memiliki semangat kompetensi.
Teladan Yesus dalam menegakkan Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan Perdamaian dalam masyarakat
 Bagaimana cara Yesus dalam upayaNya menegakkan Keadilan !
·         Yesus menegakkan keadilan dengan cara yang sederhana, mulai dari diri sendiri  sebelum  menuntut orang lain untuk bersikap adil.
·         Yesus memberi teladan kepada para muridNya terdapat dalam Yohanes 8:2-12
.....
Bagaimana cara Yesus menegakkan Kejujuran !
·         Yesus tidak hanya menyentuh kebohongan tetapi sampai pada sikap kepura-puraan  yang dilakukan oleh Ahli Taurat, yang pertanyaannya sering menjebak dan mencobai pengetahuan  Yesus. Namun Yesus selalu menjawab dengan Kasih dan dengan cara yang cerdas serta membongkar kepura-puraan.
·         Hukum yang utama : Markus 12 : 1-17 ; 28-31
Bagaimana cara Yesus dalam menengakkan Kebenaran !
·         Yesus dalam menegakkan kebenaran melalui diriNya sendiri. Yesus adalah kebenaran bagi mereka yang percaya kepadaNya (Yoh 14:6).
·         Beberapa fakta bahwa Yesus adalah kebenaran itu sendiri :
a.       Dosa manusia telah dibayar lunas oleh Yesus dengan penyaliban diriNya (1 Kor 6:20(7:23)
b.      Hanya melalui Dia, manusia berdosa dibenarkan bukan karena kesalehan dirinya dan amalnya (Roma 5:18)
c.       Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup, tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku (Yohanes 14:6)
Bagaimana cara Yesus dalam mewujudkan perdamaian !
·         Matius 5: 20-24,,,,,,
Firman ini mengajarkan kepada kita bahwa berdamai dan perdamaian itu merupakan hal yang sangat penting, bahkan harus diutamakan. Yesus menegaskan bahwa beribadat menjadi tidak ada gunanya jika masih ada dendam kepada sesama.
Gereja Katolik mewujudkan keadilan , kejujuran, kebenaran dan perdamaian dalam hidup sehari-hari
Bgaimana sikap Gereja terhadap masalah –masalah sosial yang terjadi di negara dan di dunia !
·         Dengan adanya masalah-masalah sosial yang terjadi, Gereja justru terdorong untuk terlibat dan ikut ambil bagian dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang ada.
·         Gereja tetap mendasarkan diri pada iman bahwa “Allah adalah kasihn dan barangsiapa tinggal di dalam kasih , dia ada di dalam Allah dan Allah di dalam dia” (1 Yohanes 4:16)
 Apa artinya ungkapan  berikut ini : “Remota itaquae iustitia quid suntbregna nisi magna  lactrocinia”  !
·         Ungakapan kalimat di atas yaitu : Sebuah negara yang tidak dipimpin atas dasar  keadilan hanya akan menjadi kumpulan para pencuri.
Paus Benedictus  XVI, mengeluarkan sebuah ensiklik berjudul Deus Est Caritas (Allah adalah Kasih), Apa pesan dari ensiklik tersebut !
·         Pesan dari ensiklik yang dikeluarkan oleh Paus Benedictus XVI yang berjudul Deus Est Caritas adalah Semua orang kristen telah mengalami kasih Allah yang begitu besar lewat PutraNya yang memberikan teladan kasih terbesar dengan penyerahan diriNya di kayu salib. Yang menjadi tugas dan kewajiban orang kristen adalah menggandakan kasih Kristus di tengah dunia yang penuh gejolak ini.
·         Orang kristen tidak dapat mengatakan  bahwa ia mencintai Tuhan yang tidak kelihatan jika ia tidak mencintai sesamanya yang kelihatan; yang miskin, menderita, dianiaya,  yang mengalami ketidakadilan.
·         Orang kristen harus tahu kapan ia harus berbicara tentang Tuhan dan kapan waktunya diam untuk membiarkan kasih Allah  berbicara lewat tutur kata, sikap dan tindakan pelayanan kasih.
 Bagaimana cara Gereja merespon permasalahan-permasalahan yang menggerogoti nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran dan perdamaian  !
·         Gereja merespon masalah-masalah sosial dunia dengan memberikan imbauan moral yang berupa Ajaran Sosial Gereja (ASG).
Jelaskan apa itu Ajaran Sosial Gereja (ASG) !
·         ASG adalah keterlibatan teoritis yang mengandaikan keterlibatan praktis atau menggerakkan aksi sosial baik dari para anggota Gereja maupun  dari semua orang yang berkehendak .
Berikut ini adalah daftar dokumen-dokumen Ajaran Sosial Gereja darin tahun 1891-1991 dari Rerum Novarum sampai Centesimus Annus :
a.       Rerum Novarum (Hal-hal baru) , dikeluarkan oleh Paus Leo XIII, Tahun 1891; Tema : Kondisi Kerja
b.      Quadrasgesimo Anno (ke 40 tahun sesudah Rerum Novarum), dikeluarkan oleh : Paus Pius XI; Tahun 1931; Tema : Pembangunan kembali tatanan sosial
c.       Mater et Magistra (Ibu dan Guru); dikeluarkan oleh : Paus Yohanes XXIII; Tahun 1961; Tema : Orang Kristen dan Kemajuan sosial
d.      Pacem in Terris (Perdamaian di dunia); dikeluarkan oleh : Paus Yohanes XXIII, Tahun : 1963; Tema : Perdamaian di dunia
e.       Gaudium et Spes  (Kegembiraan dan Harapan) ; dikeluarkan oleh : Konsili Vatikan II, Tahun 1965; Tema : Gereja di dalam dunia modern
f.       Popularum Progressio (Perkembangan Bangsa-Bangsa); dikeluarkan oleh : Paus Paulus VI; Tahun : 1967; Tema : Perkembangan Bangsa-bangsa di dunia
g.      Octogesima Adveniens (Ke 80 tahun sesudah Rerum novarum); dikeluarkan oleh : Paus Paulus VI; Tahun 1971; Tema : Panggilan untuk bertindak
h.      Covenienstes  ex Universo (Berhimpun dari seluruh dunia); dikeluarkan Oleh : Amanat Sinode Uskup; Tahun : 1971; Tema : keadilan di dunia
i.        Evangelii Nuntiandi (Mewartakan injil); dikeluarkan oleh : Paus Paulus  VI; tahun : 1975; Tema Pewartaan injil dalam dunia modern
j.        Redemptor  Hominis (Penebus Umat Manusia); dikeluarkan oleh : Paus Yohenes Paulus II; Tahun 1979; Tema : Pewartaan injil dalam dunia modern
k.      Laborem Exercens (Dengan bekerja) ; dikeluarkan oleh : Paus Yohanes Paulus II; Tahun : 1979; Tema : Tentang kerja manusia
l.        Sollicitudo Rei Socialis  (Keprihatinan sosial); dikeluarkan oleh : Yohanes Paulus II; Tahun : 1987; Tema : Keprihatinan  Sosial Gereja
m.    Centesimus Annus (ke 100 tahun sesudah Rerum Novarum) ; dikeluarkan oleh : Paus Yohanes Paulus II; Tahun 1991; Tema : ke 100 Tahun sesudah Rerum Novarum
Jelaskan isi pokok dari Rerum Novarum !
·         Paus menentang kondisi yang tidak manusiawi , bagi kaum buruh dalam masyarakat industri . Ada 3 faktor kunci yang mendasari kehidupan ekonomi : buruh , modal dan teknologi/negara . Ketiga hal itu saling berhubungan, dapat menciptakan iklim kehidupan yang adil ataupun tidak adil.
·         Gereja membela kaum buruh yang menderita , dan menyerukan Negara wajib melindungi hak-hak buruh .
·         Gereja ingin melawan segala bentuk kapitalisme dan sosialisme
Melestarikan Lingkungan hidup
Apa yang masih dapat dikembangkan dari kitab kejadian  yang mengungkapkan karya penciptaan Allah !
·         Kata segala yang baik  berarti:
a.       apa yang telah diciptakan Allah supaya dijaga dengan baik
b.      Allah menghendaki supaya semakin ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi
c.       Allah menghendaki agar manusia memanfaatkan demi kesehjateraan bersama
Apa yang dimaksud dengan Lingkungan hidup  menurut UU No. 23 Tahun 1997 !
·         Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesehjateraan manusia serta mahluk hidup lainnya
 Jelaskanlah bahwa unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga!
a.       Unsur hayati
Unsur hayati (biotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk hidup, seperti : manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan dan jasad renik.
b.      Unsur sosial budaya
Unsur sosial budaya yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan dan keyakinan dalam perilaku sebagai mahluk hidup . Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.
c.       Unsur Fisik
Unsur Fisik  (abiotik) yaitu  unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup , seperti tanah,  air, udara, iklim dll. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
Kekayaan dan keragaman sumber daya alam dan maknanya bagi hidup manusia
Jelaskan upaya Pemerintah Indonesia untuk menjaga keutuhan dan keberlanjutan dari sumber hayati !
a.       Undang-undang No. 4 tahun 1982, tentang Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan hidup
b.      Undang-undang No. 5 tahun 1990, tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem
c.       Undang-undang No.5 tahun 1994, tentang pengesahan United Nations Convention on Biological Diversity (Konvensi Perserikatan Bangsa-bangsa mengenai keanekaragaman hayati)
d.      Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 4 Tahun 1993, tentang Satwa dan Bunga Nasional
Fakta-fakta kerusakan lingkungan hidup
Jelaskan penyebab kerusakan  lingkungan hidup di Indonesia !
·         Peristiwa alam
Berbagai bentuk bencana alam : Gema bumi, Tsunami, gunung meletus
·         Ulah Manusia
Kehancuran tata ciptaan terjadi karena ulah manusia . Manusia merusak tata ciptaan dan relasi dengan Allah.  Kerusakan dan Kehancuran lingkungan karena manusia ingin menggantikan tempat Allah .
 Apa yang ditegaskan Paus Yohanes Paulus II melalui dokumen Ajaran Sosial Gereja “Centesimus Annus” terkait dengan kerusakan alam !
·         “...Manusia mengira boleh semaunya sendiri mendayagunakan bumi dan menikmati hasilnya dengan menaklukannya tanpa syarat kepada kehendaknya sendiri, seolah bumi tidak mengemban tuntutan serta maksud tujuannya semula yang diterimanya dari Allah.  Manusia bukannya menjalankan tugasnya bekerjasama dengan Allah di dunia, Ia justru  ingin menggantikan tempat Allah , dan pemberontakkan alam yang tidak diaturnya, tetapi disiksanya”

Sebab dan akibat kerusaan lingkungan hidup  
Jelaskanlah  sebab kerusakan alam yang paling parah !
·         Kerusakan alam lebih disebabkan oleh perilaku, pola pikir, atau pendekatan manusia terhadap kekayaan alam yang keliru.
Jelaskan pendekatan atau  pola pikir  yang keliru yang dapat memperparah kerusakan alam !
a.       Pola pendekatan teknokratis (tekne: keterampilan ; krateein : menguasai) . Pola pendekatan teknokratis ini memandang bahwa alam disediakan Allah bagi manusia sehingga manusia sekedar menguasai atau memanfaatkan alam. Pola pikir ini memungkinkan manusia memiliki sikap merampas segala sesuatu yang tersedia  di alam.
b.      Pola pendekatan ekonomis, yaitu  sikap manusia modern terhadap lingkungannya yang mengutamakan keuntungan ekonomis dan tidak menghiraukan ekologis 1. Sistem perekonomian  sekarang cenderung berpola Kapitalistik  (Laba akan menjamin perusahaan mampu bertahan dalam persaingan bebas). Maka pola ini berdampak kepada cara bertindak yaitu terjadinya eksploitasi kekayaan alam  dengan biaya yang murah, Pembuangan limbah dengan biaya murah.

2. Pola hidup masyarakat yang tidak  atau kurang memperhitungkan dampak lingkungan : membuang sampah semabrangan, memilih produk yang tidak ramh lingkungan, pemakaian plastik pembungkus yang berlebihan.

Apa akibat yang ditumbulkan oleh pola pikir  dan pendekatan yang merusak !
a.       Kekayaan biosfir rusak
·         Biosfir (bios; hidup dan sphera; bola), artinya keseluruhan lapisan –lapisan kehidupan baik di darat, laut dan udara, baik daerah panas maupun dingin; Kerusakan biosfir disebabkan oleh penebangan hutan secara liar, penggunaan pestisida, fungisida, dan herbasida secara berlebihan, pembuangan limbah industri dan rumah tangga secara liar. Gangguan ekosistem di satu tempat tidak pernah dapat di lokalisir .  
b.      Generasi yang akan datang menderita
·         Akibat kerusakan biosfir maka hal ini berdampak kepada generasi berikutnya, anak cucu telah mendapat warisan segala yang jelek, rusak bahkan penyakit karena tindakan orang-orang sekarang. Jelas hal ini akan merugikan dan bahkan membuat anak cucu menderita di masa-masa mendatang.
Jelaskan sikap orang beriman dan sikap orang yang tidak beriman menanggapi kerusakan alam !
·         Sikap orang beriman menanggapi adanya kerusakan alam terpanggil untuk menghentikan, memelihara dan menjaga keutuhan ciptaan.
·         Sedangkan orang tidak beriman , menangggapinya dengan tidak melakukan upaya apa-apa, karena mereka berpandangan pesimis dan memandang bumi tidak lagi akan bertahan  selamanya.
Jelaskan gejala-gejala kehancuran tata ciptaan akibat ulah manusia !
a.       Pemanasan Global,
b.      Peningkatan kecil rotasi bumi, hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan  isi kandungan perut bumi yang terkuras. Akibatnya banjir, musnahnya spesias tanaman dan hewan, kekurangan pangan, merajalelanya penyakit dll.
c.       Terjadinya perubahan pola peruntukan tanah, hal ini nampak dari lahan sawah di jadikan lahan perumahan akibat semakin banyaknya jumlah penduduk kota sehingga peruntaukkan tanah berubah. Kota yang kotor dan kum uh akan berdampak pada munculnya bibit penyakit baru dalam masyarakat
d.      Produksi minyak  akan mengalami penurunan, bangsa-bangsa membutuhkan minyak, hal ini mengakibatkan pada terjadinya perubutan lahan minyak dan sumber makanan , hal ini akan berakibat terjadinya konflik antar negara.
e.       Mobil mempunyai andil sebesar ¾  dari semua gas buang yang dikeluarkan oleh alat transportasi hal ini berakibat pada adanya peningkatan CO2 selama setahun di atmosfer .
f.       Hutan hujan habis digunakan untuk pembangunan  di negara-negara indutri dan berkembang.  Setiap 1 detik sekitar 1 sampai 1,5 hektar  hutan hujan lenyap. Akibatnya hampir separo bdari semua jenis flora, fauna, mikroorganisme akan musnah atau pasti terancam.
g.      Adanya perubahan  iklim  dan  linghkungan yang menyebabkan  gugusan karang laut menyusut 18% di tahun 2030
h.      Tahun 2040 , laut dikutub utara akan mengalami musim panas yang pertama tanpa es, karena menghilangnya gletser dan mengakibatkan musim kering yang panjang. Akibatnya produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga air akan berkurang.
i.        Luas padang pasir dipermukaan bumi mengalami peningkatan  disebabkan oleh adanya kenaikan suhu bumi . Australia kehilangan 25 %  produksi pangannya.
j.        Kadar karbon monoksida (CO) di atmosfer bumi terus meningkat
k.      Akibat aktivitas manusia yang merusak, seperti : perang mengakibatkan kehgancuran bumi, pembunuhan massal, penyakit. Demikian juga pembabatan hutan, dan pengambilan batu-batuan secara besar-besaran untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat perang.

Tindakan Pelestarian lingkungan hidup
Apa upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus nmerusak lingkungan !
·         Pemerintah menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan yang berwawasan lingkungan yang dikenal dengan nama pembangunan berkelanjutan. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan hasil ksesepakatan dari KTT bumi di Rio de Jeniro tahun 1992.
Sebutkan 2 gagasan dari hasil KTT bumi di Rio de Jeniro pada tahun 1992 !
·         Gagasan kebutuhan  khusunya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup
·         Gagasan keterbatasan yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang dan masa mendatang.
Sebutkan 4 ciri pembangunan berwawasan lingkungan !
·         Menjamin pemerataan dan keadilan
·         Menghargai keanekaragaman hayati
·         Menggunakan pendekatan integratif
·         Menggunakan pandangan jangka panjang
Sebutkan arah dasar  Pembangunan Nasional  di negara kita sekarang ini !
·         Arah pembangunan nasional pada masa reformasi ini tidak lagi mengacu pada GBHN dan Propenas melainkan  berdasarkan UU No, 25 tahun 2000, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN).
Sistem perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tujuan, sebutkanlah !
·         Menjamin tercapainya penggunaan  sumber  daya secara efisien , efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan
·         Mengoptimalkan partisipasi masyarakat
·         Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan , penganggaran, pelaksanaan  dan pengawasan
Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah sebagai penaggungjawab kesehjateraan rakyatnya  dan sekaligus mewujudkan pelestarian lingkungan hidup !
·         Mengeluarkan UU pokok Agararia No. 5 tahun 1960 yang mengatur tentang tata guna tanah
·         Menerbitkan UU No, 4 tahun 1982, tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup
·         Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986 tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan)
·         Tahun 1991, Pemerintah membentuk badan pengendalian lingkungan dengan tujuan pokoknya ,
a.       Menanggulangi kasus pencemaran
b.      Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3)
c.       Melakukan penelitian analisis mengenai dampak lingkungan  (AMDAL)
d.      Pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon
Apa yang diserukan oleh Paus Yohanes Paulus II dalam amanat Hari Perdamaian seluruh dunia !
·         Kesadaran tentang perdamaian dunia terancam bukan hanya karena aperlombaan senjata, bermacam-macam konflik dan ketidakadilan serta kurangnya penghargaan terhadap alam, maka kesadaran ini harus  terus dikembangkan dengan berbagai inisiatif dan program yang konkret
Apa hambatan-hambatan untuk melestarikan lingkungan hidup !
·         Adanya konflik kepentingan, yakni antara kepentingan ekologis  dengan kepentingan ekonomis. Misal : hutan di alih fungsikan  menjadi perkebunan.
·         Ada lima hambatan yang utama menurut sistem manajemen lingkungan dan konservasi alam :
a.       Minimnya jumlah sumber daya manusia dan pembagian anggaran yang tidak merata
b.      Kurangnya dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat
c.       Praktik-praktik korupsi , kolusi, dan nepotisme
d.      Kegagalan dalam mengakomodasi kepentingan masyarakat
e.       Gaya kepemimpinan diktaktor dari atas ke bawah
·         Adanya ketidakpastian dalam pengaturan / pegelolaan SDA yang berdampak konflik yang terjadi dalam masyarakat.
·         Sistem politik dan ekonomi yang korup karena menganggap bahwa SDA, khususnya  hutan merupakan  sumber pendapatan yang bisa disekploitasi untuk kepentingan politik dan keuntungan pribadi
·         Pembukaan  hutan di dataran rendah untuk lahan-lahan pertanian oleh masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan memicu perubahan fungsi lingkungan
·         Pembukaan hutan di dataran tinggi  (lahan kering) untuk perkebunan (besar) monokultural (misal, kelapa sewit) untuk pemasukkan devisa negara dari sektor non migas . Pembukaan hutan ini berpengaruh pada kerasakan  ekositem.
·         Krisis ekonomi global juga menjadi hambatan tersendiri dalam upaya melestarikan lingkungan , misalnya: ketidakmampuan dalam persaingan di pasar dunia untuk produk-produk ekspor Indonesia seperti kayu lapis  dan kayu gergajian memungkinkan meningkatkatnya perdangangan kayu gelondongan ilegal.
·         Kekurangstabilan politik dalam negeri mentyebabkan ketidakpastian implementasi kebijakan dalam bidang kehutanan dan sumber daya alam lainnya
·         Tuntutan otonomi daerah memaksa pemerintah beusaha keras untuk  meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga dapat mencukupi biaya operasional daerahnya.
Apa yang menyebabkan hambatan-hambatan tadi tidak mendapatkan solosi yang berhasil !
·         Karena kurangnya pemahaman akan masalah itu serta lemahnya koordinasi antar lembaga pemerintah.
Pelestarian lingkungan hidup berdasarkan terang kitab suci
 Apa perbedaan tekanan terkait dengan pelestarian lingkungan hidup pada jaman lampau dengan jaman sekarang !
·         Perbedaannya yaitu pada jaman lampau orang berpikir dan menekankan bagaimana mengolah Alam agar tidak rusak ; sedangkan pada jaman sekarang orang berpikir  dan menekankan bagaimana memperbaiki lingkungan alam yang telah rusak.
Apa yang dapat kita petik dari Kitab Kejadian 1 : 28-29 yang berbunyi :
Kej 1:28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."   Kej 1:29  Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. 
·         Hal yang dapat kita petik yaitu : Sejak awal mula , Allah telah menyerahkan bumi dan segala isinya kepada manusia untuk  ditaklukkan dan dikuasai sebab Allah telah meletakkan sumber kehidupan itu di bumi dan segala isinya . Karena manusia seangat tergantung pada bumi dan segala isinya maka manusia harus menjaga SDA agar ketersediaan SDA tetap berlangsung (bertahan). Apabila Alam rusak , maka Alam tidak mampu lagi menyediakan dan menjadi sumber kehidupan manusia sehingga akibatnya mengalami kemusnahan bagi manusia.

Jelaskan bahwa dalam kisah penciptaan disebutkan bahwa manusia  diciptakan bersama seluruh alam semesta !
·         Manusia mempunyai keterkaitan dan kesatuan dengan lingkungan hidupnya . Manusia diciptakan  Allah  segambar dengan Allah ( Imago Dei), sehingga manusia mempunyai kewenangan untuk menguasai dan menaklukkan bumi dengan segala isinya . Manusia dan alam sebenarnya adalah dua mata sisi uang yang  harus seimbang.
Jelaskan bahwa antara manusia dengan alam merupakan kesatuan menurut kisah penciptaan manusia  !
·         Allah membentuk manusia itu dari debu tanah (Kej 2:7), dalam bahasa ibrani  manusia di sebut Adam  (akar kata adamah yang berarti tanah, warna kecoklatan –kulit manusia); Dalam bahasa Latin disebut Homo, yang juga mempunyai makna yang berkaitan dengan humus yang berarti  tanah , juga diartikan sebagai bumi.
 Manusia adalah wakil Allah , citra Allah, duta Allah  yang mempunyai kekuasaan . Bagaimana seharusnya manusia menjalankan kekuasaannya sebagai citra, duta, utusan Allah !
·         Dalam menjalankan kekuasaan manusia tidak boleh menjadi Raja yang lalim. Kekuasaan manusia dalam mengolah SDA harusnya berpola “care-taker” artinya pengelolaan dan pemanfaatan yang sumber-sumber alam yang diimbangi dengan usaha pemeliharaan atau pelestarian alam
Apa isitilah “mengusahakan dan memelihara atau mengelola dalam kejadian 2: 15 !
·         Dalam bahasa Ibrani kata tersebut adalah abudah  yang sama maknanya dengan kata ibadat dan mengabdi. Oleh karena itu, manusia dalam mengelola alam merupakan suatu ibadat dan pengabdian kepada Allah . Maka ibadat yang sejati yaitu melakukan kehendak Allah termasuk mengolah (abudah) dan memelihara ( samar) lingkungan hidup yang dipercayakan kepada manusia
Jelaskan bahwa manusia memiliki kecenderungan  memperlakukan alam sebagai objek yang semata-mata berguna untuk dimiliki dan dikonsumsi (utilistik –materialistik) !
·         Manusia hanya memperhatikan tugas yakni : menguasai , tetapi tidak memperhatikan tugas memelihara, sehingga manusia gagal melaksanakan tugas kepemimpinannya atas alam
Akar kerusakan lingkungan alam dewasa ini adalah sikap rakus manusia  atau disebut dengan economic gain by environmental loss.
Mengapa dikatakan bahwa manusia menjadi berdosa terhadap alam !
·         Karena manusia dalam memenuhi kebutuhannya tidak lagi sekedar memenuhi kebutuhannya (a needy  being) , tetapi cenderung bersikap serakah (a greedy being)
Jelaskanlah bahwa dalam Perjanjian Baru dikatakan bahwa Allah yang Maha kasih mengasihi dunia ciptaanNya            ( kosmos)!
·         Memang Allah yang Mahakasih mengasihi dunia ciptaanNya dengan mengutus Yesus Kristus yang disebut firman (logos), yang telah beriinkarnasi , mengambil bentuk materi dengan menjelma menjadi manusia dan melalui penyerahanNya di atas kayu salib serta kebangkitanNya dari antara orang mati , Ia telah mendamaikan manusia dengan seluruh ciptaanNya dan memulihkan hubungan manusia dengan alam   
Jelaskan bahwa dalam iman kristen , hubungan baru manusia dengan alam tidak saja hubungan  menguasai (dominio) , tetapi hubungan persekutuan (communio) !
·         Persekutuan dengan Allah harus tercrmin dalam persekutuan dengan alam. Hubungan yang baik dengan alam , sekaligus mengarahkan kita pada penyempurnaan ciptaan yang menjadi tujuan akhir dari karya penebusan Allah melalui Yesus Kristus
 Apa yang dikehendaki Allah kepada manusia untuk menjaga semua mahluk hidup bahkan seluruh planet bumi ini !
·         Allah menghendaki seluruhnya, manusia dan alam  berada dan saling membutuhkan.
·         Manusia harus menjaga dan memelihara lingkungan hidup tidak saja karena kita membutuhkan sumber-sumber di dalam bumi tetapi karena bumi adalah rumah kita (antroposentris).
·         Manusia juga tidak boleh mengatasnamakan hak azazi manusia (biosentris) melainkan karena bumi merupakan suatu ekosistem yang memiliki nilai intrinsik (ekosentris) bag manusia.
Jelaskanlah bahwa manusia  mempunyai sikap solider terhadap alam dapat ditunjukkan dengan cara !
·         Saling menghargai, sikap hormat terhadap alam karena semua itu diciptakan Allah untuk kesehjateraan manusia.
Apa maknanya bagi manusia yang menghargai alam !
·         Bagi manusia menghargai alam berarti menghagai Allah sendiri yang menciptakan alam semesta.
·         Menghargai alam dapat dilakukan dengan cara usaha-usaha yang kreatif mendukung dan melindungi kehidupan seluruh mahluk dan lingkungan hidup, misalnya : penghijauan, pemberdayaan, usaha pemulihan dengan membersihkan lingkungan yang rusak. Dapat juga melalui pola hidup yang disiplin dalam menjaga dan memelihara keseimbangan ekosistem secara konstan
Mengapa Allah sendiri mengingatkan akan bahaya mamonisme (cinta uang/harta) yang dapat disamakan dengan sikap rakus terhadap SDA  !
·         Karena sikap cinta harta yang tidak mengenal batas/ alias rakus membuat manusia jatuh dalam dosa sehingga semakin jauh dengan Allah dan sesama.
Bagaimana cara manusia agar tidak jatuh dalam materialisme dan mamonisme !
·         Manusia harus bertobat dan melakukan tindakan nyata untuk dapat memelihara dan menjaga alam dan seisinya.












Komentar

  1. Anda percaya kiamat dan nabi isa AS akan turun dari langit untuk membunuh dajjal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shalom
      Gereja percaya akan terjadinya kiamat.
      Namun maaf, kekristenan percaya akan Kristus Yesus yang dituliskan di Alkitab.
      Bukan kepada Nabi Isa AS dan keduanya tidak bisa disamakan.

      Salam
      William S.

      Hapus

Posting Komentar