DOA-DOA KATOLIK

DOA – DOA KATOLIK
Kepustakaan: Dr. Paskalis Edwin Nyoman Paska.2011.Katekismus Gereja Katolik. Dioma.Malang; 
Imprimatur : L. Heru Susanto,Pr
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd

TANDA SALIB
Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

KEMULIAAN
Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

SALAM MARIA
Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah Engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuhMu, Yesus.
Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati, Amin.

BAPA KAMI
Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu, diatas bumi seperti di dalam Surga, Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

DOA TOBAT
Tuhan yang Maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum , terutama sebab aku telah menghina Engkau yang Maha Pemurah dan Mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmatMu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah ampunilah aku, orang berdosa Amin.

MALAIKAT ALLAH 
Malaikat Allah, Engkau yang diserahi oleh kemurahan Allah untuk melindungi aku, terangilah, lindungilah, bimbinglah dan hantarlah aku, Amin.

ISTIRAHAT ABADI
Ya Tuhan, berilah dia istirahat kekal dan sinarilah dia dengan cahaya abadi. Semoga dia beristirahat dalam damai, Amin.

MALAIKAT  TUHAN
Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan,
bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus. Salam Maria...
Aku ini hamba Tuhan,
terjadilah padaku menurut perkataanmu. Salam Maria...
Sabda Sudah menjadi daging,
dan tinggal diantara kita, Salam Maria....
Doakanlah kami ya Santa Bunda Allah,
supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
Marilah berdoa :
Ya Allah, karena kabar malaikat, kami mengetahui bahwa Yesus Kristus PutraMu menjadi manusia. Curahkanlah rahmatMu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salibNya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia, Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, Amin.                                                             Kemulian......

RATU SURGA
Ratu surga bersukacitalah, alleluia,
sebab Ia yang sudi kau kandung, alleluia.
Telah bangkit seperti yang disabdakanNya , alleluia,
Doakanlah kami pada Allah, alleluia,
Bersukacitalah dan bergembiralah, Perawan Maria, alleluia,
sebab Tuhan sunggguh telah bangkit.
Marilah berdoa:
Ya Allah , Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan PutraMu, Tuhan kami Yesus Kristus.
Kami mohon , perkenankanlah kami bersuka cita dalam kehidupan kekal bersama bundaNYa, Perawan Maria.
Demi Kristus pengantara kami, amin.

DOA IMAN
Allah, Tuhanku, aku percaya bahwa Engkau satu Allah tiga pribadi : Bapa, Putra dan Roh Kudus, bahwa Allah Putra menjadi manusia untuk kami dan wafat di kayu salib, bahwa Engkau membalas yang baik dan menghukum yang jahat. Aku percaya akan semuanya yang telah Kauwahyukan dan Kau ajarkan dengan pengantaraan Gereja Kudus. Aku percaya dengan teguh akan semuanya itu, sebab yang mengatakannya Engkaulah Yang Mahatahu dan Mahabenar. Tuhan tambahkanlah imanku, amin.

DOA PENGHARAPAN
Allah, Tuhanku, karena jasa Yesus Kristus, aku berharap menerima dariMu kebahagiaan kekal serta semua rahmat yang perlu kuterima. Aku mengharapkan semuanya itu. Dengan pengharapan yang kokoh, sebab yang berjanji adalah Engkau, Tuhan yang Mahakuasa dan Maha pemurah untukku, dan setia pada janjiMu, Tuhan kuatkanlah pengharapanku, amin.

DOA CINTA
Allah, Tuhanku, Engkau adalah segala cinta. Aku mencintai Engkau lebih dari segala sesuatu dan dengan segenap hati, sebab Engkaulah Mahabaik dan pantas dicintai. Karena cinta akan Dikau, maka aku pun cinta akan semua orang, sebagaimana aku cinta akan diriku sendiri. Tuhan tambahkanlah cintaku, Amin.

SALAM  YA  RATU
Salam Ya Ratu, Bunda yang berbelas kasih, hidup, hiburan dan harapan kami, dengarkanlah kami anak hawa yang terbuang, Bunda perhatikan keluh kesah kami dalam lembah duka ini. Ya Bunda , ya penolong kami, dengan mata yang memancarkan belas kasihan pandanglah kami. Dan kelak tunjukkanlah kepada kami Yesus, buah rahimmu yang terpuji, O Maria yang pemurah, ya Perawan yang baik hati.

KIDUNG MARIA
Aku mengagungkan Tuhan , hatiku bersukaria karena Allah penyelamatku. Sebab Ia memperhatikan daku, hambaNya yang hina ini. Mulai sekarang aku disebut yang bahagia, oleh sekalian Bangsa. Sebab perbuatan besar dikerjakannya bagiku oleh Yang Mahakuasa, kuduslah namaNya. Kasih sayangNya turun temurun kepada yang takwa. Perkasalah perbuatan tanganNya, diceraiberaikanNya orang yang angkuh hatinya.
Orang yang berkuasa diturunkanNya dari tahta, yang hina dina diangkatNya. Orang lapar dikenyangkanNya dengan kebaikan, orang  kaya diusirNya pergi dengan tangan kosong. Menurut janjiNya kepada leluhur kita,  Allah telah menolong Israel, hambaNya. Demi kasih sayangNya kepada Abraham serta keturunannya untuk selama-lamanya. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad, amin.

PERLINDUNGAN BUNDA MARIA
Santa Maria, Bunda Kristus, kami berlindung kepadamu. Janganlah mengabaikan doa kami bila kami dirundung nestapa. Bebaskanlah kami selalu dari segala marabahaya ya Perawan mulia yang terpuji.

KIDUNG  ZAKHARIA 
Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia mengunjugi dan membebaskan umatNya. Ia mengangkat bagi kita seorang penyelamat yang gagah perkasa, putra Daud, hambaNya, seperti yang dijanjikanNya dari sediakala dengan pengantaraan para nabiNya yang kudus, untuk menyelamatkan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua lawan yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmatNya kepada leluhur kita dan mengindahkan perjanjianNya yang kudus. Sebab Ia telah bersumpah kepada Abraham, Bapa kita, akan membebaskan kita dari tangan musuh, agar kita dapat mengabdi kepadaNya tanpa takut dan berlaku kudus dan jujur dihadapanNya seumur hidup. Dan Engkau, anakku , akan disebut nabi Allah yang Mahatinggi, sebab Engkau akan mendahului Tuhan untuk menyiapkan jalanNya, untuk menanamkan pengertian akan keselamatan dalam umatNya, berkat pengampunan dosa mereka. Sebab Allah kita penuh rahmat dan belaskasihan, Ia mengunjungi kita laksana fajar cemerlang, untuk menyinari orang yang meringkuk dalam kegelapan maut dan membimbing kita kejalan damai sejahtera. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada pemrmulaan sekarang, selalu dan sepanjang segala abad,amin.

MADAH “TUHAN ALLAH KAMI”
Allah Tuhan kami. Engkau kami puji dan muliakan. Bapa yang kekal abadi, seluruh bumi bersembah sujud pada-Mu. Bagi-Mu seluruh malaikat bermadah, seluruh isi surga bernyanyi. Bagi-Mu, kerubim dan serafim tak kunjung putus melambungkan pujian. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa, surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Kepada-Mu paduan para rasul bersyukur, rombongan para nabi berbakti, kepada-Mu barisan para martir berkurban dengan mempertaruhkan nyawa. Kepada-Mu Gereja kudus beriman tersebar di seluruh dunia. Ya Bapa yang Mahakuasa pencipta semesta alam. Putra sejati yang terpuji, Putra Bapa yang tunggal. Roh Kudus, cahaya mulia, penghibur umat beriman. Engkaulah Raja Agung, Ya Kristus, Engkaulah Putra Allah yang hidup. Engkau sudi dikandung Santa Perawan menjadi manusia demi keselamatan kami. Engkau mematahkan belenggu maut, membuka pintu kerajaan Surga bagi kami. Engkau bertahta mulia di sisi Bapa, mengadili umat manusia. Kami mohon, lindungilah hamba- hamba-Mu yang Kau tebus dengan darah-Mu sendiri. Sambutlah kami bersama para kudus dalam kemuliaan abadi. Selamatkanlah umatmu, Ya Tuhan, dan berbaktilah milik pusaka-Mu. Bimbinglah kami semua, dan muliakanlah untuk selamanya. Setiap hari kami meluhurkan dikau, kami memuji nama-Mu sepanjang masa. Ya Tuhan sudilah menjaga kami, agar senantiasa luput dari dosa. Kasihanilah kami. Limpahkanlah kasih setia-Mu kepada kami, sebab kami berharap kepada-Mu. Kepada-Mu kami percaya, Ya Tuhan, kami takkan kecewa selama-lamanya.  

DATANGLAH, YA ROH PENCIPTA
Datanglah, ya Roh Pencipta,hati kami kunjungilah. Penuhi dengan rahmat Mu jiwa yang ciptaan Mu. Kau digelari Penghibur, karunia Allah yang luhur Air hidup,api dan kasih,dan pengurapan ilahi.Dikaulah sapta karunia dan tangan kanan ilahi.Engkau yang Bapa janjikan,Kau pergandakan bahasa. Sinari hati umatMu dan curahkan cintaMu. Semoga Dikau kuatkan yang rapuh dalam tubuhnya. Halaulah musuh umatmu, berilah kami Damaimu,agar dengan tuntunan Mu, kami hindarkan yang jahat buatlah kami mengenal serta terus mengimani Bapa bersama sang Putra, dan Dikau Roh Keduanya. Dipujilah Allah Bapa dan Putra yang sudah bangkit, serta roh kudus penghibur sekarang dan selamanya.

YA ROH KUDUS, DATANGLAH
Ya Roh Kudus, datanglah, dari surga, sinarkan pancaran cahayaMu. Suluh hati, datanglah, Bapa kaum yang lemah, pemberi anugerah. Kau  penghibur ulungku, Kau sahabat jiwaku, penyejukku yang lembut. Kau segarkan yang lelah, Kau tenangkan yang resah, Kau melipur yang sendu. O cahaya yang cerah datang dan penuhilah hati kaum beriman, tanpa kekuasaanMu hampa daya umatMu, hanya noda adanya. Yang cemar bersihkanlah, yang gersang siramilah, yang terluka pulihkan, yang keras lunakkanlah, yang beku cairkanlah, yang sesat arahkanlah. Limpahilah umatMu yang percaya padaMu. Sapta karuniaMudan curahkanlah anugerah akhir hidup bahagia, suka cita tak henti, amin.

JIWA KRISTUS
Jiwa Kritus  kuduskanlah kami, tubuh Kristus selamatkanlah kami, Darah Kritus sucikanlah kami, air lambung Kristus basuhlah kami, sengsara kristus kuatkanlah kami. Yesus yang murah hati luluskanlah kami, dalam luka-lukaMu sembunyikanlah kami, jangan kami dipisahkan dariMu Tuhan, terhadap seteru yang curang, lindungilah kami, diwaktu ajal, terimalah kami, supaya bersama para kudus, kami memuji Engkau untuk selama-lamanya, amin

INGATLAH, YA PERAWAN MARIA
Ingatlah, ya Perawan Maria yang sangat rahim, bahwa belum pernah terdengar Engkau meninggalkan orang yang mencari perlindunganMu, yang memohon pertolonganmu, yang meminta pengantaraanmu. Terdorong oleh kepecayaan itu, aku datang berlindung kepadamu, Ya perawan segala perawan dan Bunda , aku datang kepadamu, aku orang berdosa  bersyukur di hadapanmu untuk berkeluh kesah. Bunda Sang Sabda, janganlah kau tolak permohonanku, tetapi dengarkanlah dengan rela hati dan kabulkanlah, Amin.

DOA ROSARIO

Pada butir salib, Aku Percaya
Pada butir besar, Bapa Kami
Pada butir kecil, Salam Maria
Setiap akhir dari dekade, Kemuliaan, Doa Fatima, dan Meditasi:

Peristiwa Gembira (Senin dan Sabtu)
1. Maria menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel
2. Maria mengunjugi Elisabeth saudaranya
3. Yesus dilahirkan di Bethlehem
4. Yesus dipersembahkan di Bait Allah
5. Yesus ditemukan di Bait Allah

Peristiswa Sedih (Selasa dan Jumat)
1. Yesus berdoa kepada BapaNya dalam sakrat maut
2. Yesus didera
3. Yesus dimahkotai duri
4. Yesus memanggul salib ke gunung kalvari
5. Yesus wafat di salib

Peristiwa Mulia (Rabu dan Minggu)
1.  Yesus bangkit dari kematian
2.  Yesus naik ke surga
3.  Roh kudus turun atas para rasul
4.  Maria diangkat ke surga
5.  Maria dimahkotai di surga

Peristiwa Terang (kamis)
1. Yesus dibaptis di sungai Yordan
2. Yesus menyatakan diriNya dalam pernikahan di Kana
3. Yesus mewartakan Kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan
4. Yesus di muliakan di gunung
5. Yesus menetapkan ekaristi

Setelah 5 dekade, Salam Ya Ratu

Doa penutup Rosario

Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah,
supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
Marilah Berdoa:
Ya Allah dengan hidup, wafat dan kebangkitanNya, Putra TunggalMu telah memperoleh bagi kami anugerah keselamatan abadi. Kami mohon, berikanlah kepada kami, supaya dengan menghormati misteri-misteri Rosario kudus perawan Maria ini, kami dapat meneladani apa yang terkandung di dalamnya dan memperoleh apa yang dijanjikan. Demi Kristus Tuhan kami, Amin.

Komentar