PARA PEMIMPIN MASYARAKAT
















Materi Kelas IX, Bab 8
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Dasar Kitab suci :
Kitab Keluaran 3: 7-10
 Kel 3:7  Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.                                    Kel 3:8  Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.                                                        Kel 3:9  Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka.                             Kel 3:10  Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."

1 Petrus 2: 13-17
 1Ptr 2:13  Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi,   1Ptr 2:14  maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.                                                                                                     1Ptr 2:15  Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh.   1Ptr 2:16  Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.   1Ptr 2:17  Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!


Markus 10: 35-44
 Mrk 10:35  Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!"                                            Mrk 10:36  Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?"                                                                                          Mrk 10:37  Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu."                                                                        Mrk 10:38  Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?"   Mrk 10:39  Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.                         Mrk 10:40  Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."                                                    Mrk 10:41  Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.                                                                      Mrk 10:42  Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.                                     Mrk 10:43  Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,   Mrk 10:44  dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

Yohanes 10: 11-15
Yoh 10:11  Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;                                                             Yoh 10:12  sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.                          Yoh 10:13  Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.                                                                                                Yoh 10:14  Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku                                                                     Yoh 10:15  sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
1.      Jelaskan isi cerita dari Keluaran 3: 7-10 !
·         Musa sebagai pemimpin yang harus hadir di depan bangsanya untuk menampilkan kehadiran Allah yang menyelamtkan

2.      Jelaskanlah bahwa pemimpin merupakan simbol kehadiran Allah seperti yang dialami oleh Raja Daud !
·         Pada masa pemerintahan Daud, rakyat mengalami kesehjateraan besar dan sampai sekarang pun masa pemerintahannya selalu dilihat sebagai masa penyertaan Allah.

3.      Jelaskan  siapa  pemimpin ideal  itu !
·         Pemimpin ideal adalah pemimpin yang memiliki pemikiran cerdas , bertindak bijaksana, tidak memihak, mengutamakan kepentingan umum.
·         Ia berada di tengah-tengah untuk menggerakkan atau memotivasi anak buahnya
·         dan manakala anak buah bergerak ia juga mampu berada di belakang untuk mendukung dan memberi kekuatan kepada anak buahnya. (Tut Wuri Handayani)

4.      Bagaimana gambaran  seorang pemimpin yang baik menurut  Yesus !
·         Orang yang rela berkorban demi kepentingan banyak orang.
·         Mengenal dan juga dikenal anak buahnya sehingga ia mengetahui kebutuhan anak buahnya. Dengan demikian pemimpin tersebut bisa memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan anak buahnya.
·         Mengabdi banyak orang dan bermanfaat bagi orang lain
·         Tindakan-tindakannya  sesuai dengan kehendak Allah.

5.      Apa ciri-ciri pemimpin yang tidak baik !
·         Lari ketika rakyat yang dipimpinnya menghadapi kesulitan dan membutuhkannya.
·         Pemimpin yang ada ketika dia diuntungkan .

6.      Jelaskan maksudnya bahwa Pemimpin yang baik menghasilkan karya yang baik !
·         Para pemimpin yang baik menghasilkan karya yang baik. Karya yang baik dapat dicapai melalui kerja keras, disiplin, dan sadar akan peran dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin.

7.      Bagaimana Yesus mengajarkan pada muridNya terkait dengan sikap terhadap pemimpin !
·         Menghormati, menaati, mendukung pemimpin yang sah, karena mereka adalah simbol kehadiran Allah.
·         Ikut berperan aktif dan terlibat dalam pembangunan manusia yang seutuhnya sesuai dengan bidang tugas dan karisma /talenta masing-masing. Semua itu diabdikan hanya pada Allah.
8.       

Komentar