LATIHAN KELAS 8 BAB 1 YESUS MEWAERTAKAN KERAJAAN ALLAH


 
 Bab I
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH



1.         Tulislah doa Bapa kami dengan benar !
v  Bapa kami yang ada di surga, dimulaiakanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu , di atas bumi seperti di dalam surga, berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami,  seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah kami masukan dalam percobaan, tetapi bebaskalah kami dari yang jahat, Amin.

2.        Apa maksudnya “Datanglah KerajaanMu” di dalam doa Bapa Kami ! (skor 4)
v   “Datanglah KerajaanMu” di dalam doa Bapa Kami berarti manusia merindukan adanya kedamaian, keadilan di bumi, maka manusia merindukan kehadiran Allah untuk tampil sebagai Raja dalam kemuliaan dan keperkasaan namun pertama-tama bukan untuk menghakimi melainkan untuk lebih mengutamakan menyelamatkan manusia.
v   Agar manusia selamat ia dituntut untuk bertobat (Lukas 13: 3,5). Dengan hadirnya Kerajaan Allah di bumi seperti di dalam surga maka suasana damai di bumi terwujud karena adanya kasih dan penghargaan terhadap martabat manusia  sebagai citra Allah. 

3.        Bagaimana pandangan orang Israel terhadap Yahwe / Allah ! (skor 5)
v  Pandangan orang Israel terhadap Yahwa /Allah yaitu bahwa orang Israel menggambarkan Yahwe/Allah itu diimani sebagai Raja yang kuat, memiliki kekuasaan dan berdaulat .
v  Mereka menghayati melalui peristiwa: Penyeberangan Laut Merah, Raja yang melindungi orang miskin (Imamat 25: 35-55). Allah yang memiliki kekuasaan sejak jaman purbakala
 
4.        Bagaimana reaksi orang-orang pada jaman Yesus menanggapi pewartaanNya !
v  Reaksi orang-orang pada jaman Yesus terhadap pewartaanNya yaitu Yesus di tolak, hal ini nampak ketika Yesus di Nazaret (Lukas 4: 16-22)


5.        Apa yang dilakukan Yesus dalam mewartakan Kerajan Allah !
v  Yesus memahami bahwa paham Kerajaan Allah yang sudah ada sejak Perjanjian lama ternyata tidak sepenuhnya dimengerti oleh bangsa Israel.
v  Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui berbagai cara. Yesus tidak hanya mewartakan Kerajaan Allah hanya melalui pengajaran / sabda melainkan juga melalui tindakan nyata.
v  Yesus dalam pengajarannya juga menggunakan cara :
a. Perumpamaan, agar mudah dimengerti ajarannya.
b. Mujijat agar mereka semakin percaya pada Yesus
v   Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan bekerja keras , ditunjukkan berkeliling ke smua kota dan desa ( Matius 9:35)










 
6.        Jelaskan paham atau konsep Kerajaan Allah pada Masa Yesus (Perjanjian Baru) !
v  Secara umum masyarakat Yahudi sesungguhnya saat itu mempunyai harapan tentang tegaknya kembali pemerintahan dan kekuasaan Allah atas bangsa mereka.
v  Yesus merupakan pemenuhan janji Allah kepada manusia agar mereka diselamatkan dari dosa


7.        Bagaimana sikap iman Bangsa Israel menanggapi pewartaan tentang  Kerajaan Allah dalam Perjanjian Lama ! (skor 5)
v  Pengakuan dan Iman bangsa Israel  dalam perjanjian lama sangat mengharapkan pembebas (ketika bangsa Israel diperbudak Mesir, saat Raja Daud bangsa Israel memuji dan memuliakan Tuhan, tetapi lama kelamaan sikap iman bangsa Israel mulai berkhianat, mulai meninggalkan Allah  sehingga akhirnya di jajah oleh bangsa Romawi)



8.        Jelaskan situasi Bangsa Israel pada masa Yesus !
v  Pada saat Yesus mulai berkarya, bangsa Israel (bangsa Yahudi) sedang di bawah penjajahan bangsa Romawi . Rakyat yahudi sepenuhnya diperintah oleh Raja-raja dan pejabat yang ditunjuk oleh penjajah Romawi.
v  Akibatnya munculah dua kelompok dalam masyarakat Yahudi, :
1)      Kelompok yang bekerjasama dengan penjajah yaitu para  tuan tanah dan para imam Yahudi. Sikap mereka hanya mencari keuntungan diri sendiri, melakukan sesuatu demi jabatan, kedudukan dan motif untuk menikmati hidup yang sejahtera. Mereka yang tergabung dalam kelompok ini tidak segan-segan untuk memeras rakyatnya sendiri yang miskin dan menderita . Mereka membebani orang miskin dengan berbagai macam pajak dan pungutan. Namun hasilnya dikorupsi oleh mereka untuk kepentingan diri sendiri, keluarga dan golongan. Tindakan korup juga dilakukan oleh para imam yahudi dengan mengurusi Bait Allah dan sinagoga yang dibisniskan  : menentukan patokan persembahan yang sangat membebani masyarakat, terutama masyarakat  yang miskin .

2)      Kelompok yang melakukan perlawanan/pertentangan   

9.        Sebutkan tiga paham yang berkembang kuat dalam bangsa Israel tentang Mesias yang akan menegakkan Kerajaan Allah !
v  Tiga paham tentang Mesias yaitu :
1.      Paham kerajaan Allah bersifat politis
2.      Paham kerajaan Allah bersifat Apokaliptis
3.      Paham Kerjaan Allah bersifat Yuridis-Religius










  1. Jelaskan  paham Kerajaan Allah bersifat politis ! (Skor 4)
v  Paham Kerajaan Allah bersifat politis maksudnya bahwa masyarakat pada jaman Yesus memiliki anggapan bahwa Kerajaan Allah yang damai, sejahtera hanya bisa tercapai bila Mesias tampil sebagai seorang tokoh politik yang dengan gagah berani mampu memimpin bangsa Israel melawan penjajah Romawi dan para penindas rakyat.

v  Paham Kerajaan Allah bersifat politis ini merupakan paham dari kelompok kaum Zelot. Karena paham mereka demikian maka mereka berani angkat senjata, melawan penjajah.
 
4.        Jelaskan paham Kerajaan Allah bersifat Apokaliptis !(Skor 4)
v  Apokaliptis adalah sebuah alam pikiran bangsa Yahudi, khususnya pada tahun 200 sebelum masehi sampai tahun 100 Masehi.
v  Paham ini mementingkan harapan akan akhir jaman dan penghakiman terakhir sebagai puncak wahyu Allah. Paham Kerajaan Allah bersifat apokaliptis  ini memandang kedatangan Kerajaan Allah akan tercapai bila Allah menunjukkan kekuasaannya dengan menggoncangkan kekuatan-kekuatan langit dan bumi. Dan manusia dibebaskan dari segala penderitaan . Pada saat inilah Allah akan membangkitkan suatu dunia baru.

5.         Jelaskan paham Kerajaan Allah yang yuridis-religius !
v  Tokoh-tokoh agama Yahudi, yakni para imam dan ahli taurat memahami kerajaan Allah sebagai berikut :
1.      Allah sekarang yang sudah  meraja secara hukum, sedangkan di akhir jaman Allah menyatakan kekuasaanNya sebagai Raja semesta Alam dengan menghakimi sekalian bangsa.

2.      Hukum taurat sebagai wujud kekuasaan Allah yang mengatur manusia. Oleh karena itu, orang yang taat pada hukum taurat menjadi warga kerajaan Allah, sedangkan orang yang tidak taat pada hukum taurat mereka tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah.

3.        Sebutkan 3 Injil Sinoptik !
v  Injil Sinoptik : Matius, Markus, Lukas.


4.        Mengapa Yesus di tolak di Nazaret (Lukas 4:16-22)!
v  Karena Yesus dipandang anak seorang tukang kayu , dari keluarga Yusuf dan Maria
v  Karena Yesus dipandang rendah dan hina serta tidak memiliki kedudukan dan jabatan dalam masyarakat sehingga tidak punya pengaruh apa-apa kepada masyarakat di sekitarnya.
v   









5.         Apa yang diajarkan Yesus untuk menaggapi datangnya Kerajaan Allah yang waktunya tidak jelas !

v  Yesus mengajak setiap orang supaya berjaga-jaga menerima kedatangan Kerajaan Allah .
v  Kerajaan Allah diberikan oleh Bapa (Lih. Lukas 12:32) dan kepada mereka yang memiliki hati seperti kanak-kanak Yesus (Lih. Markus 10:14, Lukas 6:20) dan mengambil sikap memilih Allah dan meninggalkan yang lainnya, karena manusia tidak bisa mengabdi du tuan sekaligus (lih. Matius 6:24) dan harus harus dinyatakan dalam tindakan kasih kepada sesama, sebab itulah yang “Kelak” akan menjadi ukuran apakah kita masuk dalam Kerajaan Allah yang kekal atau tidak (Mat 25).
v  Kerajaan Allah tidak hanya datang di dunia ini dan masa kini, sebab Kerajaan Allah akan disempurnakan di masa depan , yakni pada akhir jaman.  

6.        Apa yang diajarkan Oleh Santo Paulus untuk menerima Kerajaan Allah !
v  Santo Paulus mengajarkan para pengikutnya untuk tetap teguh dalam iman, sekalipun mereka mengalami penderitaan di dunia (lih. Kis 14:22) sebagaimana Yesus juga mengalami kemuliaan Allah lewat kematianNya di kayu salib.
v  Kesempurnaan itu bisa dicapai oleh semua orang yang mau memperbaharui hidupnya, yakni dilahirkan dari air dan Roh (Yoh 3:3)

7.        Bagaimana/ melalui apa  Yesus mewartakan Kerajaan Allah !
v  Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan karyaNya
v  Pewartaan Yesus melalui pengajaran yaitu dengan memberi perumpamaan dalam pengajaran Yesus, hal ini dilakukan agar mudah diterima para pendengarnya.
v  Pewartaan melalui tindakan/mujijat agar para murid tahu bahwa Yesus adalah Mesias sehingga mereka menjadi percaya.

8.        Apa yang melatarbelakangi Yesus mewartakan melalui sabda (perumpamaan-pengajaran) dan karyaNya (Mujijat) ?
v  Yesus menyadari bahwa paham Kerajaan Allah yang sudah diwartakan sejak PL  itu tidak sepenuhnya dimengerti Bangsa Israel, itulah sebabnya Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui berbagai cara antara lain perumpamaan dan mujijat.

9.        Jelaskan apa itu “Perumpamaan “!
v  Perumpamaan adalah penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa imajinatif, kiasan simbolik, atau perbandingan.












10.    Perumpamaan apa saja yang pernah disampaikan oleh Yesus !
v  Perumpamaan tentang biji sesawi (Matius 13: 31-32)
v  Perumpamaan tentang seorang penabur (Markus 4: 3-20)
v  Permupamaan tentang pukat (Matius 13: 47-50)
v  Perumpamaan tentang harta terpendam dan mutiara berharga (Matius 13: 44-46)
v  Perumpamaan ragi dalam tepung (Matius 13: 33 dan Lukas 13: 20-21)
v  Perumpamaan

11.    Mengapa Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui perumpamaan, jelaskanlah !
v  Karena melalui perumpamaan Yesus bermaksud  menyampaikan pesan pewartaanNya kepada para muridNya yang beraneka ragam latarbelakang hidup dan profesi   sehingga mereka mudah menerima,  menangkap pesan pewartaanNya dan selanjutnya murid Yesus semakin percaya dan  mampu mengambil sikap untuk bertobat.  

12.    Mengapa Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui mukjijat !
v  Karena Yesus mau menunjukkan bahwa Yesus benar-benar Mesias utusan Allah,
v  sekaligus  menunjukkan bahwa Kerajaan Allah yakni Allah yang berkuasa atas dosa dan maut , penderitaan dan setan sudah hadir di tengah-tengah mereka.

13.     Mujijat apa saja yang pernah dibuat oleh Yesus !
v  Yesus membangkitkan anak muda di Nain (Lukas 7: 11-17)
v  Yesus meredakan angin ribut (Matius 8:23-27)
v  Yesus mengusir Roh jahat (Markus 1: 21-28)

Komentar

Posting Komentar