SIFAT-SIFAT GEREJA




Kelas XI-Bab 2
Kepustakaan : Yoseph Kristianto, dkk. 2010. Menjadi Murid Kristus. Kanisius.Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd

Gereja yang satu

1.      Tulislah doa Credo atau Aku Percaya !
·         Aku percaya akan Allah                                                     
      Bapa Yang Maha Kuasa,                                                       
       pencipta lagit dan bumi,                                                   
      dan akan Yesus Kristus, 
      PutraNya yang tunggal, Tuhan kita,                                                                  
      yang dikandung dari Roh Kudus,                                       
     dilahirkan oleh Perawan Maria,                                              
      yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus,                              disalibkan, wafat dan dimakamkan,                                     
       yang turun ke tempat penantian,                                               
        pada hari ke tiga bangkit dari antara orang mati, 
       yang naik ke surga,                                                        
      duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa,                                     
      dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.                     
       Aku percaya akan Roh Kudus,                                             
       Gereja katolik yang kudus,                                     
        persekutuan para kudus,                                      
         pengampunan dosa,                                               
         kebangkitan badan, kehidupan kekal, amin.    
                                                                                                                                                                                         
2.      Sifat-sifat Gereja dapat kita temukan dalam doa apa ?
·         Doa Aku Percaya

3.      Sebutkan sifat-sifat Gereja  !
·         Gereja Katolik  satu, kudus, katolik  dan apostolik

4.      Bagaimana proses munculnya keempat sifat atau ciri Gereja  (Satu, kudus, katolik dan apostolik) !
·         Sifat atau ciri Gereja muncul dari hasil proses pengalaman iman yang panjang dan juga merupakan karya Roh Kudus yang menjiwai Gereja.
·         Pengalaman Gereja yang insani (bersejarah dialami oleh para pengikutnya) dan Ilahi  (ada campur tangan Roh Kudus) berjalan sedemikian rupa sehingga Gereja menegaskan dirinya terhadap rumusan sifat-sifat Gereja itu.


5.      Berikut ini adalah dasar biblis dari kesatuan gereja (tidak boleh ada perpecahan) :
a.      1 Petrus 2: 5-10
 1Ptr 2:5  Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif 
 1Ptr 2:6  Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan." http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif  
1Ptr 2:7  Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: "Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan." http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif 
 1Ptr 2:8  Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif 
 1Ptr 2:9  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif 
 1Ptr 2:10  kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

b.      1 Kor 12 :12
1Kor 12:12  Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

c.       2 Tim 2: 22
2Tim 2:22  Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
6.      Apa maksudnya bahwa kesatuan gereja tidak sama dengan keseragaman, Jelaskanlah !
·         Keseragaman adalah hal yang terkait phisik atau tindakan yang serba  sama . Kesatuan Gereja tidaklah selalu seragam.  Ada hal-hal yang sama / seragam dan ada hal-hal yang memerlukan ungkapan  yang mencerminkan keberagaman.

Sedangkan kesatuan Gereja didasarkan pada
·         Kesatuan iman yang mengimani Allah Tritunggal : Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kristus sendiri menghendaki kesatuan Gereja dan menjadikannya satu tubuh : Allah telah berkenan menghimpun orang-orang yang beriman akan Kristus menjadi umat Allah (1 Petrus 2:5-10) dan membuat mereka satu tubuh (1 Kor 12:12). Walaupun iman itu diungkapkan dengan  cara yang berbeda-beda.

·         Kebhinekaan juga terdapat dalam Gereja Katolik sendiri maupun Gereja Katolik dengan  gereja-gereja yang lain. Kesatuan ini lebih mengarah kepada persekutuan dalam persaudaraan, saling meneguhkan dan melengkapi dalam penghayatan iman.

·         Keanekaragaman itu nampak dalam pengungkapan iman melalui perayaan liturgis, pewartaan (katekese) maupun penampilan dalam masyarakat.

7.      Apa sebab  terjadi perpecahan antara gereja katolik Roma dengan gereja katolik Ortodok  !
·         Perpecahan antara Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodok  itu terjadi bukan karena soal iman, melainkan lebih karena adanya perbedaan pendapat  antara pimpinan Gereja di Barat (Roma) yaitu Paus dengan Pimpinan Gereja Timur  (Konstatinopel) yaitu Batriks , pada tahun 1054.

8.      Jelaskanlah bahwa kesatuan Gereja terungkap dalam 3 hal, !

a.      Kesatuan iman para anggotanya:
·         Kesatuan iman ini bukan kesatuan yang statis , melainkan kesatuan yang dinamis , Iman adalah prinsip kesatuan batiniah Gereja.

b.      Kesatuan dalam pimpinannya yaitu Hirarki :

·         Hierarki  mempunyai tugas untuk mempersatukan umat . Hierarki sering dilihat sebagai prinsip kesatuan lahiriah dari Gereja.

c.       Kesatuan dalam kebaktian dan kehidupan sakramental :
·         Kebaktian dan sakramen-sakramen merupakan ekspresi simbolis dari kesatuan Gereja (Ef 4: 3-6)

9.      Tulislah dasar biblis bahwa Umat kristiani tidak boleh masuk dalam situasi perpecahan.
a.      1 Petrus 2: 5-10
Sama dengan No. 5 a dan b
b.      1 Kor 12 :12
Sama dengan No. 5 a dan b

10.  Usaha –usaha apa yang dapat kita galakkan untuk menguatkan persatuan antar Gereja !
·         Bersikap jujur dan terbuka  satu sama lain
·         Lebih melihat kesamaan dari pada perbedaan
·         Mengadakan berbagai kegiatan sosial dan peribadatan bersama : Natal, Paskah dsb.

11.  Sikap-sikap apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga sifat gereja yang satu ?
·         Berani menerima perbedaan sebagai rahmat . Perbedaan /keanekaragaman merupakan keindahan yang memperkaya dalam kehidupan bersama. Dengan adanya perbedaan diharapkan munculah partisipasi / kontribusi yang saling menyempurnakan, melengkapi kehidupan bersama. Jadi Perbedaan/keanekaragaman  tidaklah menjadikan konflik dalam hidup bersama.

·         Mengembangkan sikap saling menghargai , toleransi , menahan diri , rendah hati, solidaritas demi kehidupan yang tentram , harmonis dan dinamis.


B. Gereja yang kudus
12.   Mengapa kesucian dan kekudusan gereja tidak dapat hilang, jelaskanlah !
·         Karena Kristus bersama Bapa dan Roh Kudus mengasihi Gereja sebagai mempelaiNya, “ ...Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya ...dan menguduskan ... (Ef 5:25-26)

13.   Tulislah dasar biblis atau dokumen gereja tentang  Gereja yang kudus,

a.      Efesus 5: 25-26
·          Ef 5:25  Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif                                                                          Ef 5:26  untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

b.      Matius 5: 48
·          Mat 5:48  Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif

c.       Lumen Gentium artikel 39
39.
BAB LIMA

PANGGILAN UMUM UNTUK KESUCIAN DALAM GEREJA

(prakata)
Kita mengimani bahwa gereja, yang misterinya diuraikan oleh Konsili suci, tidak dapat kehilangan kesuciannya. Sebab Kristus, Putera Allah, yang bersama bapa dan Roh dipuji bahwa ?hanya Dialah Kudus?( ), mengasihi Gereja sebagai mempelai-Nya. Kristus menyerahkan diri baginya, untuk menguduskannya (lih. Ef 5:25-26), dan menyatukannya dengan diri-Nya sebagai tubuh-Nya. Ia melimpahinya dengan kurnia Roh Kudus, demi kemuliaan Allah. Maka dalam Gereja semua anggota, entah termasuk Hirarki entah digembalakan olehnya, dipanggil untuk kesucian, menurut amanat rasul: ?Sebab inilah kehendak Allah: pengudusanmu? (1Tes 4:3; lih. Ef 1:4). Adapun kesucian gereja itu tiada hentinya tampil dan harus nampak pada buah-buah rahmat, yang dihasilkan oleh Roh dalam kaum beriman. Kekudusan itu dengan aneka cara terungkapkan pada masing-masing orang, yang dalam corak hidupnya menuju kesempurnaan cinta kasih dengan memberi teladan baik kepada sesama. Secara khas pula nampak dalam penghayatan nasehat-nasehat, yang lazim disebut ?nasehat Inji8l?. Penghayatan nasehat-nasehat itu atas dorongan Roh Kudus ditempuh oleh orang banyak kristiani, entah secara perorangan, eantah dalam corak atau status hidup yang disahkan oleh Gereja, serta menyajikan dan harus menyajikan di dunia ini kesaksian dan teladan yang ulung tentang kesucian itu.
<<   >>
sumber http://www.imankatolik.or.id/

e. Lumen Gentium Artikel 8
8.
(Gereja yang kelihatan dan sekaligus rohani)
Kristus, satu-satunya Pengantara, didunia ini telah membentuk Gereja-Nya yang kudus, persekutuan iman, harapan dan cinta kasih, sebagai himpunan yang kelihatan. Ia tiada hentinya memelihara Gereja[ ]. Melalui Gereja Ia melimpahkan kebenaran dan rahmat kepada semua orang. Adapun serikat yang dilengkapi dengan jabatan hirarkis dan Tubuh mistik Kristus, kelompok yang nampak dan persekutuan rohani, Gereja didunia dan Gereja yang diperkaya dengan karunia-karunia sorgawi janganlah dipandang sebagai dua hal; melainkan semua itu merupakan satu kenyataan yang kompleks, dan terwujudkan karena perpaduan unsur manusiawi dan ilahi[ ]. Maka berdasarkan analogi yang cukup tepat Gereja dibandingkan dengan misteri Sabda yang menjelma. Sebab seperti kodrat yang dikenakan oleh Sabda ilahi melayani-Nya sebagai upaya keselamatan yang hidup, satu dengan-Nya dan tak terceraikan daripada-Nya, begitu pula himpunan sosial Gereja melayani Roh Kristus, yang menghimpunkannya demi pertumbuhan Tubuh-Nya (lih Ef 4:16)[ ]. 
Itulah satu-satunya Gereja Kristus yang dalam Syahadat iman kita akui sebagai Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik[ ]. Sesudah kebangkitan-Nya Penebus kita menyerahkan Gereja kepada Petrus untuk digembalakan (lih. Yoh 21:17). Ia mempercayakannya kepada Petrus dan para rasul lainnya untuk diperluaskan dan dibimbing (lih. Mat 28:18 dsl), dan mendirikannya untuk selama-lamanya sebagai ?tiang penopang dan dasar kebenaran? (lih. 1Tim 3:15). Gereja itu, yang didunia ini disusun dan diatur sebagai serikat, berada dalam Gereja katolik, yang dipimpin oleh pengganti Petrus dan para Uskup dalam persekutuan dengannya[ ], walaupun diluar persekutuan itupun terdapat banyak unsur pengudusan dan kebenaran, yang merupakan karunia-karunia khas bagi Gereja Kristus dan mendorong ke arah kesatuan katolik.
Seperti Kristus melaksanakan karya penebusan dalam kemiskinan dan penganiayaan, begitu pula Gere dipanggil untuk menempuh jalan yang sama, supaya menyalurkan buah-buah keselamatan kepada manusia. Kristus Yesus ?walaupun dalam rupa Allah, ? telah mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa seorang hamba? (Flp 2:6-7). Dan demi kita Ia ?menjadi miskin, meskipun Ia kaya? (2Kor 8:9). Demikianlah Gereja, kendati memerlukan upaya-upaya manusiawi untuk menunaikan perutusan-Nya, didirikan bukan untuk mengejar kemuliaan duniawi, melainkan untuk menyebarluaskan kerendahan hati dan pengikraran diri juga melalui tedanNya. Kristus diutus oleh Bapa untuk ?menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, ? untuk menyembuhkan mereka yang putus asa? (Luk 4:18), untuk ?mencari dan menyelamatkan yang hilang? (Luk 19:10). Begitu pula Gereja melimpahkan cinta kasihnya kepada semua orang yang terkena oleh kelemahan manusiawi. Bahkan dalam mereka yang miskin dan menderita Gereja mengenali citra Pendirinya yang miskin dan menderita, berusaha meringankan kemelaratan mereka dan bermaksud melayani Kristus dalam diri mereka. Namun sedangkan Kristus, yang ?suci, tanpa kesalahan, tanpa noda? (Ibr 7:26), tidak mengenal dosa (lih Ibr 2:17), Gereja merangkum pendosa-pendosa dalam pengakuannya sendiri. Gereja itu suci, dan sekaligus harus selalu dibersihkan, serta terus menerus menjalankan pertobatan dan pembaharuan.
?Dengan mengembara diantara penganiayaan dunia dan hiburan yang diterimanya dari Allah Gereja maju?[ ]. Gereja mewartakan salib dan wafat Tuhan, hingga Ia datang (lih 1Kor 11:26). Sementara itu Gereja diteguhkan oleh daya Tuhan yang telah bangkit, untuk dapat mengatasi sengsara dan kesulitannya, baik dari dalam maupun dari luar, dengan kesabaran dan cinta kasih, dan untuk dengan setia mewahyukan misteri Tuhan di dunia, kendati dalam kegelapan, sampai ditampakkan pada akhir Zaman dalam cahaya yang penuh.

14.  Jelaskanlah pandangan Konsili Vatikan II terkait dengan sifat Gereja yang kudus !

·         Konsili Vatikan II mengatakan, bahwa kekudusan atau kesucian Gereja tidak dapat hilang. Sebab Kristus bersama Bapa dan Roh Kudus mengasihi Gereja sebagai mempelainNya. “ Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya...dan menguduskannya (Ef 5: 25-26)

·         Kristus sendiri tinggal dalam Gereja melalui RohNya. Kritus hadir dan bersemayam dalam Tubuh MistikNya .

·         Dalam Lumen Gentium Artikel 39 dijelaskan bahwa “Kristus menyerahkan diriNya untuk menguduskannya dan menyatukan dengan diriNya sebagai tubuhNya . Ia melimpahinya dengan karunia Roh Kudus demi kemuliaan Allah”,
Jadi Gereja yang kudus berarti Roh Kristus tinggal dalam semua anggota Gereja dan karenanya mereka itu kudus adanya. Roh Kristus yang tinggal dalam Gereja dihayati oleh Anggota-anggotanya meskipun mereka sendiri tidaklah sempurna.


15.   Jelaskanlah arti kata Kudus
·         Kudus berarti yang dikhususkan bagi Tuhan.  Atau sesuatu yang dikhususkan bagi Tuhan. Sesuatu yang  dikhususkan bagi Tuhan bukn hanya menyangkut barang, tempat dan waktu, melainkan seluruh bidang  keagamaan dan yang tentu  saja sakral.
·         Kata “Kudus” bukan  menyangkut  penilaian moral, maksudnya baik atau buruk tentang kelakuan manusia melainkan penilaian dari segi Ilahi. Penilaian Ilahi menekankan hubungan atau relasi khusus antara manusia beriman dengan Allah, Maka setiap anggota Gereja hendaknya menjaga relasi itu.

16.   Berilah alasan mengapa Santo-Santa mempunyai    kesucian hidup di dunia !
·         Santo-santa adalah orang yang  telah  mencapai  taraf kesucian yang tinggi sehingga Gereja berkenan memberi gelar Santo-santa (orang kudus) pada mereka. Relasi yang  begitu erat dan dalam  antara dirinya dengan Allah yang tercermin dalam perjuangan Beliau selama hidupnya sehari-hari  di dunia.
  
17.   Mengapa anggota Gereja adalah kudus  ?
·         Karena  anggota Gereja menerima rahmat kekudusan itu melalu iman mereka yang terus menerus menjalankan pertobatan dan pembaharuan.
·         Karena kesucian yang diperjuangkan anggota Gereja berasal dari Allah yang telah  menyatukan Gereja dalam Roh Kudus.
·         Roh Kristus tinggal dalam semua anggota Gereja dan karenanya mereka itu kudus adanya. Roh Kristus yang tinggal dalam anggota Gereja meskipun  mereka sendiri tidaklah sempurna.


18.   Sebutkan 4 usaha yang dapat dilakukan oleh  anggota gereja agar “Kudus” !
·         mengusahakan diri kita masing-masing untuk hidup semakin hari semakin menyerupai Kristus.
·         Saling memberi  kesaksian untuk hidup sebagai putra-putri Allah
·         Memperkenalkan anggota-anggota Gereja yang sudah hidup secara heroik untuk mencapai kekudusan
·         Merenungkan dan mendalami kitab suci yang merupakan pedoman dan arah hidup kita.

C. Gereja yang katolik
17. Apa arti katolik !
·         Secara harafiah kata “katolik” berarti umum, universal, menyeluruh, lengkap dan terbuka.
·         Kata ini hendaknya menyatakan bahwa Gereja berkembang di seluruh dunia.

19.   Siapa yang pertama menggunakan kata “katolik”  ?
·         Yang menggunakan kata “katolik” yang pertama yaitu Santo Ignatius dari Antiokhia .
·         Beliau berkata “ Di mana ada Uskup di situ ada jemaat, sperti di mana ada Kristus  Yesus , di situ ada  Gereja Katolik”

20.  Apa isi Lumen Gentium Artikel 23 !
Uskup setempat dan Gereja universal)
Persatuan kolegial nampak juga dalam hubungan timbal-balik antara masing-masing Uskup dan Gereja-Gereja khusus serta Gereja semesta. Imam Agung di Roma, sebagai pengganti Petrus, menjadi azas dan dasar yang kekal dan kelihatan bagi kesatuan para Uskup maupun segenap kaum beriman( ). Sedangkan masing-masing Uskup menjadi azas dan dasar kelihatan bagi kesatuan dalam Gereja khususnya( ), yang terbentuk menurut citra Gereja semesta. Gereja katolik yang satu dan tunggal berada dalam Gereja-Gereja khusus dan terhimpun daripadanya( ). Maka dari itu masing-masing Uskup mewakili Gerejanya sendiri, sedangkan semua Uskup bersama Paus mewakili seluruh Gereja dalam ikatan damai, cinta kasih dan kesatuan.
Masing-masing Uskup, yang mengetuai Gereja khusus, menjalankan kepemimpinan pastoralnya terhadap bagian Umat Allah yang dipercayakan kepadanya, bukan terhadap Gereja-Gereja lain atau Gereja semesta. Tetapi sebagai anggota Dewan para Uskup dan pengganti para Rasul yang sah mereka masing-masing ? atas penetapan dan perintah Kristus ? wajib menaruh perhatian terhadap seluruh Gereja( ). Meskipun perhatian itu tidak diwujudkan melalui tindakan menurut wewenang hukumnya, namun sangat bermanfaat bagi seluruh Gereja. Sebab semua Uskup wajib memajukan dan melindungi kesatuan iman dan tata-tertib yang berlaku umum bagi segenap Gereja, mendidik umat beriman untuk mencintai seluruh Tubuh Kristus yang mistik, terutama para anggotanya yang miskin serta bersedih hati, dan mereka yang menanggung penganiayaan demi kebenaran (lih. Mat 5:10); akhirnya memajukan segala kegiatan, yang umum bagi seluruh Gereja, terutama agar supaya iman berkembang dan cahaya kebenaran yang penuh terbit bagi semua orang. Memang sudah pastilah bahwa, bila mereka membimbing dengan baik Gereja mereka sendiri sebagai bagian Gereja semesta, mereka memberi sumbangan yang nyata bagi kesejahteraan seluruh Tubuh mistik, yang merupakan badan Gereja-Gereja itu( ).
Penyelenggaraan pewartaan Injil di seluruh dunia merupakan kewajiban badan para Gembala, yang kesemuanya bersama-sama menerima perintah Kristus, dan dengan demikian juga mendapat tugas bersama, seperti telah ditegaskan oleh Paus Coelestinus kepada para bapa Konsili di Efesus( ). Maka masing-masing Uskup, sejauh pelaksanaan tugas mereka sendirimengizinkannya, wajib ikut serta dalam kerja sama antara mereka sendiri dan dengan pengganti Petrus, yang secara istimewa diserahi tugas menyiarkan iman kristiani( ). Maka untuk daerah-daerah misi mereka wajib sedapat mungkin menyediakan pekerja-pekerja panenan, maupun bantuan-bantuan rohani dan jasmani, bukan hanya langsung dari mereka sendiri, melainkan juga dengan membangkitkan semangat kerjasama yang berkobar diantara umat beriman. Akhirnya hendaklah para Uskup, dalam persekutuan semesta cinta kasih, dengan sukarela memberi bantuan persaudaraan kepada Gereja-Gereja lain, terutama yang lebih dekat dan miskin, menurut teladan mulia Gereja kuno.
Berkat penyelenggaraan ilahi terjadilah, bahwa pelbagai Gereja, yang didirikan di pelbagai tempat oleh para Rasul serta para pengganti mereka, sesudah waktu tertentu bergabung menjadi berbagai kelompok yang tersusun secara organis. Dengan tetap mempertahankan kesatuan iman serta susunan satu-satunya yang berasal dari Allah bagi seluruh Gereja, kelompok-kelompok itu mempunyai tata-tertib mereka sendiri, tata-cara liturgi mereka sendiri, dan warisan teologis serta rohani mereka sendiri( ). Diantaranya ada beberapa, khususnya Gereja-Gereja patriarkal kuno, yang ibarat ibu dalam iman, melahirkan Gereja-Gereja lain sebagai anak-anaknya. Gereja-Gereja kuno itu sampai sekarang tetap berhubungan dengan Gereja-gereja cabang mereka karena ikatan cinta kasih yang lebih erat dalam hidup sakramental dan dengan saling menghormati hak-hak serta kewajiban mereka( ). Keanekaragaman Gereja-Gereja setempat yang menuju kesatuan itu dengan cemerlang memperlihatkan sifat katolik Gereja yang tak terbagi. Begitu pula konferensi-konferensi Uskup sekarang ini dapat memberi sumbangan bermacam-macam yang berfaedah, supaya semangat kolegial mencapai penerapannya yang kongkret.
13.
Sebutkan Isi Lumen Gentium Art 23 terkait dengan kata “katolik”                                                                     (Sifat umum dan katolik Umat Allah yang satu)
Semua orang dipanggil kepada Umat Allah yang baru. Maka umat itu, yang tetap satu dan tunggal, harus disebarluaskan keseluruh dunia dan melalui segala abad, supaya terpenuhilah rencana kehendak Allah, yang pada awal mula menciptakan satu kodrat manusia, dan menetapkan untuk akhirnya menghimpun dan mempersatukan lagi anak-anak-Nya yang tersebar (lih. Yoh 11:52). Sebab demi tujuan itulah Allah mengutus Putera-Nya, yang dijadikan-Nya ahli waris alam semesta (lih. Ibr 1:2), agar Ia menjadi Guru, Raja dan Imam bagi semua orang, Kepala umat anak-anak Allah yang baru dan universal. Demi tujuan itu pulalah Allah mengutus Roh Putera-Nya, Tuhan yang menghidupkan, yang bagi seluruh Gereja dan masing-masing serta segenap orang beriman menjadi azas penghimpun dan pemersatu dalam ajaran para rasul dan persekutuan, dalam pemecahan roti, dan doa-doa (lih. Kis 1:42 yun.).
Jadi satu Umat Allah itu hidup ditengah segala bangsa dunia, warga Kerajaan yang tidak bersifat duniawi melainkan sorgawi. Sebab semua orang beriman, yang tersebar diseluruh dunia, dalam Roh Kudus berhubungan dengan anggota-anggota lain. Demikianlah ?dia yang tinggal di Roma mengakui orang-orang India sebagai saudaranya?( ). Namun karena Kerajaan Kristus bukan dari dunia ini (lih. Yoh 18:36), maka Gereja dan Umat Allah, dengan membawa masuk Kerajaan itu, tidak mengurangi sedikitpun kesejahteraan materiil bangsa manapun juga. Malahan sebaliknya, Gereja memajukan dan menampung segala kemampuan, kekayaan dan adat-istiadat bangsa-bangsa sejauh itu baik; tetapi dengan menampungnya juga memurnikan, menguatkan serta mengangkatnya. Sebab Gereja tetap ingat, bahwa harus ikut mengumpulkan bersama dengan Sang Raja, yang diserahi segala bangsa sebagai warisan (lih. Mzm 2:8), untuk mengantarkan persembahan dan upeti kedalam kota-Nya (lih. Mzm 71/72:10; Yes 60:4-7; Why 21:24). Sifat universal, yang menyemarakkan Umat Allah itu, merupakan kurnia Tuhan sendiri. Karenanya Gereja yang katolik secara tepat-guna dan tiada hentinya berusaha merangkum segenap umat manusia beserta segala harta kekayaannya dibawah kristus Kepala, dalam kesatuan Roh-Nya( ).
Berkat ciri katolik itu setiap bagian Gereja menyumbangkan kepunyaannya sendiri kepada bagian-bagian lainnya dan kepada seluruh Gereja. Dengan demikian Gereja semesta dan masing-masing bagiannya berkembang, karena semuanya saling berbagi dan serentak menuju kepenuhannya dalam kesatuan. Maka dari itu umat Allah bukan hanya dihimpun dari pelbagai bangsa, melainkan dalam dirinya sendiri pun tersusun dari aneka golongan. Sebab diantara para anggotanya terdapat kemacam-ragaman, entah karena jabatan, sebab ada beberapa yang menjalankan pelayanan suci demi kesejahteraan saudara-saudara mereka, entah karena corak dan tata-tertib kehidupan, sebab cukup banyaklah yang dalam status hidup bakti (religius) menuju kesucian melalui jalan yang lebih sempit, yang mendorong saudara-saudara dengan teladan mereka. Maka dalam persekutuan Gereja selayaknya pula terdapat Gereja-Gereja khusus, yang memiliki tradisi mereka sendiri, sedangkan tetap utuhlah primat takhta Petrus, yang mengetuai segenap persekutuan cinta kasih( ), melindungi keanekaragam yang wajar, dan sekaligus menjaga, agar hal-hal yang khusus jangan merugikan kesatuan, melainkan justru menguntungkannya. Maka antara pelbagai bagian Gereja perlu ada ikatan persekutuan yang mesra mengenai kekayaan rohani, para pekerja dalam kerasulan dan bantuan materiil. Sebab para anggota umat Allah dipanggil untuk saling berbagi harta-benda, dan bagi masing-masing Gereja pun berlaku amnat Rasul: ?Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan kurnia yang telah diperoleh setiap orang, sebabgia pengurus aneka rahmat Allah yang bai? (1Ptr 4:10).
Jadi kepada kesatuan katolik Umat Allah itulah, yang melambangkan dan memajukan perdamaian semesta, semua orang dipanggil. Mereka termasuk kesatuan itu atau terarahkan kepadanya dengan aneka cara, baik kaum beriman katolik, umat lainnya yang beriman akan Kristus, maupun semua orang tanpa kecuali, yang karena rahmat Allah dipanggil kepada keselamatan.
Dari LG 13 ada 2 hal yang penting, yaitu :
·         Segi kuantitatif  atau Geografis , : Umat Allah  yang hidup di tengah-tengah segala bangsa serta memperoleh warganya dari semua bangsa.

·         Segi kualitatif : Gereja yang memajukan dan menampung segala kemampuan , kekayaan dan adat istiadat bangsa-bangsa .












21.  Apa isi Lumen Gentium artikel 26!

26.
(Tugas menguduskan)
Uskup mempunyai kepenuhan sakramen Tahbisan, maka ia menjadi ?pengurus rahmat imamat tertinggi?( ), terutama dalam Ekaristi, yang dipersembahkannya sendiri atau yang dipersembahkan atas kehendaknya( ), dan yang tiada hentinya menjadi sumber kehidupan dan pertumbuhan Gereja. Gereja Kristus itu sungguh hadir dalam semua jemaat beriman setempat yang sah,     yang mematuhi para gembala mereka, dan dalam Perjanjian Baru disebut Gereja( ). Gereja-Gereja itu ditempatnya masing-masing merupakan umat baru yang dipanggil oleh Allah, dalam Roh Kudus dan dengan sepenuh-penuhnya (lih 1Tes 1:5). Disitu umat beriman berhimpun karena pewartaan Injil Kristus, dan dirayakan misteri Perjamuan Tuhan, ?supaya karena Tubuh dan Darah Tuhan semua saudara perhimpunan dihubungkan erta-erat?( ). Disetiap himpunan disekitar altar, dengan pelayanan suci Uskup( ), tampillah lambang cinta kasih dan ?kesatuan tubuh mistik itu, syarat mutlak untuk keselamatan?( ). Di jemaat-jemaat itu, meskipun sering hanya kecil dan miskin, atau tinggal tersebar, hiduplah Kristus; dan berkat kekuatan-Nya terhimpunlah Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik( ). Sebab ?keikut-sertaan dalam tubuh dan darah Kristus tidak lain berarti berubah menjadi apa yang kita sambut?( ).
Adapun semua perayaan Ekaristi yang sah dipimpin oleh Uskup. Ia diserahi tugas mempersembahkan ibadat agama kristiani kepada Allah yang maha agung,     dan mengaturnya menurut perintah Tuhan dan hukum Gereja, yang untuk keuskupan masih perlu diperinci menurut pandangan Uskup sendiri.
Demikianlah para Uskup, dengan berdoa dan bekerja bagi Umat, membagikan kepenuhan kesucian Kristus dengan pelbagai cara dan secara melimpah. Dengan pelayanan sabda mereka menyampaikan kekuatan Allah kepada Umat beriman demi keselamatannya (lih. Rom 1:16). Dengan sakramen-sakramen, yang pembagiannya mereka urus dengan kewibawaan mereka supaya teratur dan bermanfaat( ), mereka menguduskan umat beriman. Mereka mengatur penerimaan babtis, yang memperoleh keikut-sertaan dalam imamat rajawi Kristus. Merekalah pelayan sesungguhnya sakramen penguatan, mereka pula yang menerima tahbisan-tahbisan suci dan mengatur dan mengurus tata-tertib pertobatan. Dengan saksama mereka mendorong dan mendidik Umat, supaya dengan iman dan hormat menunaikan perannya dalam liturgi, dan terutama dalam korban kudus misa. Akhirnya mereka wajib membantu umat yang mereka pimpin dengan teladan hidup mereka, yakni dengan mengendalikan perilaku mereka dan menjauhkan dari segala cela, dan ? sedapat mungkin, dengan pertolongan Tuhan ? mengubahnya menjadi baik. Dengan demikian mereka akan mencapai hidup kekal, bersama dengan kawanan yang dipercayakan kepada mereka( ).
<<   >>

D. Gereja yang apostolik
20.  Jelaskanlah  sifat Gereja yang “apostolik atau  Rasuli !
·         Gereja berasal dari dari para rasul dan tetap berpegang teguh pada kesaksian iman mereka.
·         Semua anggota Gereja mendasarkan diri pada kesamaan iman dan praktik kristiani di dalam Gereja sebagaimana yang diimani oleh Gereja Perdana.
·         Kita mendasarkan diri kepada iman para rasul karena merekalah  saksi terdekat yang hidup bersama Yesus.
21. Jelaskanlah hubungan gereja perdana dengan gereja sekarang !
·         Dalam perpspektif historis , Gereja perdana /para rasul dan Gereja sekarang itu mempunyai hubungan. Dan Hubungan diantara keduanya terletak pada pemahaman bahwa seluruh hidup dan pelayanan Gereja dijiwai dan  disemangati oleh iman Gereja para rasul yang mengimani Yesus Kristus .

22.  Dalam bentuk apa warisan para rasul yang merupakan perpspektif  historis dihayati dan dihidupi oleh Gereja sekarang !
·         Legitimasi fungsi dan kuasa hierarki dari para rasul. Fungsi dan kuasa hierarki diwarisi para rasul.
·         Ajaran-ajaran Gereja diturunkan dan berasal dari kesaksian para rasul.
·         Ibadat dan struktur  Gereja pada dasarnya berasal dari para rasul.

23.   Apa yang harus kita lakukan sebagai orang katolik yang hidup di jaman sekarang dikaitkan dengan sifat gereja yang Apostolik !
·         Kita harus tetap setia dan taat pada ajaran asli sebagaimana dihatai oleh Gereja para rasul.
·         Kita senantiasa merefleksikan diri untuk setia kepada keyakinan iman rasuli,
·         Kita tetap loyal kepada hierarki sebagai pengganti para rasul.

24.  Jelaskan mengapa Gereja bersifat apostolik !
·         Karena Gereja didirikan  di atas para rasul.
·         Karena strukturnya, yaitu diajar, dikuduskan dan dibimbing oleh para rasul melalui pengganti-pengganti mereka, yaitu para Uskup dalam kesatuan dengan pengganti Petrus sampai kedatangan Kristus kembali.

Komentar