SAKRAMEN EKARISTI







SAKRAMEN EKARISTI
Kelas VIII, Bab 15
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd

http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  1. Jelaskan asal kata ekaristi !
·         Ekaristi berasal dari kata eukharistia yang artinya puji sukur.
  1. Jelaskan 3 makna yang terkandung dalam ekaristi !
·         Ekaristi adalah kenangan akan kurban Yesus Kristus ,Kenangan tidak hanya berarti mengenangkan peristiwa di masa lampau tetapi membuat peristiwa penyelamatan itu dihadirkan kembali sehingga dapat dirasakan oleh segenap Gereja dan anggotanya yang hadir dan merayakannya.
·         Ekaristi bagi Gereja merupakan ucapan syukur dan pujian kepada Bapa. Kita bersyukur kepada Allah atas segala kebaikanNya , untuk segala sesuatu yang Ia laksanakan dalam penciptaan, penebusan dan pengudusan. Maka selayaknyalah Gereja mengagungkan pujian kepadaNya.
·         Ekaristi adalah sebagai kehadiran Kristus melalui kekuatan sabdaNya dan Roh KudusNya. Dalam ekaristi Ia hadir dalam Gereja. Ia hadir melalui sabdaNya yang kita dengar dan lewat ikatan antar anggota-anggotaNya yang diperstukan oleh Roh Kudus . Ia juga hadir secara nyata dalam Tubuh dan darahNya dan Ia mengundang semua muridNya untuk menyambutNya
  1. Jelaskan inti perayaan ekaristi !
·         Inti dari perayaan ekaristi adalah puji syukur kepada Allah atas karya penyelamatanNya.
  1. Injil Lukas 22: 14-23, demikian kutipannya :
Luk 22:14  Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya.   Luk 22:15  Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.   Luk 22:16  Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah."   Luk 22:17  Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu.   Luk 22:18  Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang."   Luk 22:19  Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."   Luk 22:20  Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.   Luk 22:21  Tetapi, lihat, tangan orang yang menyerahkan Aku, ada bersama dengan Aku di meja ini.   Luk 22:22  Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!"   Luk 22:23  Lalu mulailah mereka mempersoalkan, siapa di antara mereka yang akan berbuat demikian.
  1. Jelaskanlah apa itu perjamuan terakhir !
·         Perjamuan terakhir adalah perjamuan yang diadakan Yesus sebelum menderita sengsara bersama para muridNya sebagai tanda perpisahan.
·         Selanjutnya perjamuan terakhir / perpisahan mengalami pergeseran makna menjadi perjamuan syukur dan kenangan akan karya penyelamatan Yesus Kristus.
  1.  Jelaskanlah apa itu perjamuan paskah yahudi !
·         Perjamuan Paskah yahudi adalah peringatan bagi orang yahudi yang telah mengalami pembebasan dari perbudakan Mesir
  1. Jelaskanlah bahwa Perjamuan Terakhir menandakan perpisahan Yesus dengan para muridNya !
·         Perjamuan terakhir merupakan tanda perpisahan Yesus dengan para muridNya nampak pada kata-kata Yesus . “Ketika Yesus mengambil cawan berisi anggur dan roti , Ia mengucap syukur dan memberikan pesan : “Inilah tubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Daku” artinya bahwa roti melambangkan Yesus sendiri yang akan dipersembahkan melalui penderitaanNya di salib demi keselamatan manusia. Kemudian Dia berkata.’Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darahKu, yang ditumpahkan bagiMu,” artinya bahwa cawan yang berisi anggur melambangkan darah Kristus yang tertumpah di salib demi keselamatan manusia.
·         Yesus berpesan agar para muridNya selalu melakukan kembali peristiwa ini, untuk mengenangkan diriNya ,”Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Daku...” (Ay 19)
  1. Bagaimana para murid Yesus menyikapi  pesan yang diamanatkanNya pada perjamuan terakhir !
·         Para murid Yesus melaksanakan amanat Yesus untuk mengenangkan dan melakukan  perjamuan terakhir  yang nampak dalam cara hidup jemaat perdana . Dari  Cara hidup perdana dapat kita ketahui bahwa para muridNya senantiasa mengadakan perjamuan bersama.

Komentar