SAKRAMEN PADA UMUMNYA


 
SAKRAMEN PADA UMUMNYA
Kelas VIII, Bab 13
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd

http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif
  1. Jelaskan maksudnya bahwa manusia itu sebagai mahluk ekspresif !
·         Manusia sebagai mahluk ekspresif maksudnya bahwa manusia diberi kemampuan untuk menyatakan dirinya kepada pribadi lain dengan berbagai cara.
·         Manusia dapat menyatakan perasaan, pikiran, rencana, kehendak, dan isi hatinya terhadap orang lain baik dengan kata-kata maupun perbuatan.
  1. Apa yang dibutuhkan manusia dalam mengungkapkan dan mengeskpresikan dirinya !
·         Manusia dalam mengungkapkan dirinya masih membutuhkan sarana, simbol dan tanda sehingga orang lain dapat mengerti, menerima, memahami  apa yang diungkapkannya.  
  1. Jelaskan mengapa kehadiran Allah tidak pernah langsung dalam wujud asliNya, melainkan menggunakan simbol atau lambang !
·         Dalam menyatakan diriNya kepada manusia, Allah menggunakan simbol atau lambang karena Allah mau manusia dapat mengenal , menerima kehadiranNya, hidup dan berkarya  di tengah-tengah umatNya.   
  1. Berilah contoh bagaimana Allah menyatakan diriNya kepada manusia !
·         Berikut ini contoh-contoh Kehadiran Allah yang menyatakan diriNya kepada manusia.
a.       Kepada Musa: Allah menampakkan diri melalui bara api
b.      Kepada Samuel : Allah menampakkan diri dalam bentuk suara
c.       Kepada bangsa Israel : Allah menampakkan diri melalui tiang awan
d.      Allah juga menampakkan diri kepada manusia melalui pribadi-pribadi tertentu seperti para Nabi.

  1. Bagaimana agar kehadiran Allah yang hidup dan berkarya di tengah-tengah umatNya mampu dikenal, dimengerti dan dipahami manusia !
·         Kehadiran Allah yang hidup dan berkarya di tengah-tengah manusia jika manusia mempunyai relasi/hubungan yang dekat dengan Allah.
·         Allah dalam kebaikan dan kebijaksanaanNya berkenan menyatakan diriNya secara utuh dalam dan melalui Diri Yesus Kristus (lihat Efesus 1:9). Melalui Yesus , Allah menyatakan diriNya, rencana dan kehendakNya kepada manusia.
·         Allah juga dapat dikenal, dan dipahami manusia melalui sabda dan karyaNya yang dilaksanakan oleh Yesus Kristus.
  1. Apa isi dari Lumen Gentium artikel 9c !
·         “ Ia membentuk mereka menjadi Gereja, supaya bagi semua dan setiap orang menjadi sakramen yang kelihatan yang menanadakan kesatuan yang menyelamatkan “
  1. Bagaimana  Gereja mengekspresikan karya penyelamatan Kristus di dunia !
·         Gereja mengekspresikan karya penyelamatan Kristus di dunia melalui  tanda dan sarana penyelamatan melalui 7 sakramen yaitu: Sakramen babtis, sakramen Ekaristi, sakramen tobat, sakramen krisma, sakramen imamat, sakramen perkawinan, sakramen perminyakan suci/sakramen pengurapan orang sakit
  1. Jelaskan bahwa sakramen mengandung 4 aspek !
·         Sakreman selalu berpusat pada Yesus Krsitus
·         Sakramen selalu terjadi dalam GerejaNya
·         Sakramen selalu bersifat pribadi dan indrawi atau manusiawi
·         Sakramen menjadi simbol atau sarana keselamatan yang diperlukan manusia
  1. Mengapa simbol atau lambang yang digunakan untuk menyatakan dirinya kepada orang lain bersifat terbatas !
·         Karena simbol atau lambang hanya dapat diketahui dan dimengerti oleh orang yang punya relasi khusus dan perhatian yang besar dengan orang yang memberikannya
  1. Jelaskan apa itu upacara “Mitoni” !
·         Upacara Mitoni adalah upacara adat  bagi ibu hamil yang usia kandungannya 7 bulan dan untuk anak pertama (adat masyarakat jawa)
  1. Apa makna upacara adat yang ada dalam masyarakat !
·         Upacara adat mengungkapkan kepercayaan bahwa Tuhan adalah penyelamat, sumber pengharapan, dan sumber segfalanya. Dalam upacara adat juga sering dilengkapi dengan simbol-simbol yang mudah dimengerti
  1. Lukas 5: 12-16 , berikut isi bacaannya :
 Luk 5:12  Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."   Luk 5:13  Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.   Luk 5:14  Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapapun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."   Luk 5:15  Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.   Luk 5:16  Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.
·         Inti dari bacaan  di atas adalah Kuasa Allah yang ada dalam diri Yesus untuk menyelamatkan orang ditampakkan melalui tanda yang dibuat Yesus (mengulurkan tanganNya, menjamah dan kata-kata Yesus, jadilah engkau tahir)
·         Tanda dan kata yang dilakukan Yesus merupakan peneguhan dan mampu menyelamatkan manusia jika mereka menerimaNya.
  1. Jelaskan arti sakramen !
·         Sakramen (Sacramentum) adalah tanda sekaligus sarana yang mengungkapkan peristiwa penyelamatan Allah kepada manusia
  1. Bagaimana gereja menyalurkan rahmat Tuhan !
·         Gereja menyalurkan rahmat Tuhan melalui ke tujuh sakramennya
  1. Sebutkan 3 aspek dalam karya penyelamatan Yesus !
·         Aspek Ilahi : Kehadiran Allah tampak dalam Pribadi Yesus
·         Aspek Personal-manusiawi: Iman dan kesediaan orang yang menerimanya serta tanda berupa kata dan perbuatan yang dapat dirasakan dan didengar dan dialami
·         Aspek sosial/jemaat : adanya orang-orang yang hadir / jemaat yang menyaksikan
  1. Jelaskan bahwa Gerja adalah Sakramen !
·         Gereja adalah sakramen maksudnya tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia . Gereja yang bergumul dengan berbagai godaan  dapat jatuh dalam dosa, maka Gereja harus terus menerus disucikan oleh Roh kudus supaya tetap menjadi baru. Gereja juga hrus terus menyalurkan rahmat Tuhan yaitu keselamatan kepada manusia

Komentar