Doa Katolik Mohon Penerangan kepada Roh Kudus


DOA PENERANGAN ROH KUDUS (Puji Syukur 147)
Ya Bapa, utuslah Roh kudus memenuhi hati umatMu
dan menyalakan di dalamnya api cintaMu.

P:  Utuslah RohMu maka semuanya akan dicipta kembali
U: Dan Engkau akan membaharui muka bumi

Marilah kita berdoa :
Ya Allah , Engkau telah mengajar hati umatMu dengan penerangan Roh Kudus. Berilah supaya berkat Roh yang Kudus ini kami senantiasa berpikir benar, bertindak bijaksana, serta selalu bergembira karena penghiburanNya . Demi Kristus , Tuhan kami, Amin

DATANGLAH, YA ROH PENCIPTA                                                                 Datanglah, ya Roh Pencipta, hati kami kunjungilah.
Penuhi dengan rahmatMu,  jiwa yang ciptaan Mu.
Kau digelari Penghibur, karunia Allah yang luhur,  Air,  hidup, api dan kasih, dan pengurapan illahi.
Dikaulah sapta karunia dan tangan kanan Illahi.
Engkau yang Bapa janjikan, Kau pergandakan bahasa.
Sinari hati umatMu dan curahkan cintaMu.
Semoga Dikau kuatkan yang rapuh dalam tubuhnya.
Halaulah musuh umatMu, berilah kami DamaiMu, agar dengan tuntunanMu, kami Kau  hindarkan dari yang jahat.
Buatlah kami mengenal serta terus mengimani Bapa bersama sang Putra, dan Dikau Roh Keduanya.
Dipujilah Allah Bapa dan Putra yang sudah bangkit, serta Roh Kudus penghibur sekarang dan selamanya.

YA ROH KUDUS, DATANGLAH                                                                                   Ya Roh Kudus, datanglah, dari surga, sinarkan pancaran cahayaMu. Suluh hati, datanglah, Bapa kaum yang lemah, pemberi anugerah. Kau  penghibur ulungku, Kau sahabat jiwaku, penyejukku yang lembut. Kau segarkan yang lelah,
Kau tenangkan yang resah, Kau melipur yang sendu.
O cahaya yang cerah datang dan penuhilah hati kaum beriman, tanpa kekuasaanMu hampa daya umatMu, hanya noda adanya.
yang keras lunakkanlah, yang beku cairkanlah, yang sesat arahkanlah.
Limpahilah umatMu yang percaya padaMu.
Sapta karuniaMu dan curahkanlah anugerah akhir hidup bahagia, suka cita tak henti, amin.





DOA KEPADA ROH KUDUS
Ya Roh Kudus, kekasih jiwaku....aku menyembah Engkau,
kami mohon terangilah, bimbinglah, kuatkanlah dan hiburlah aku. Katakanlah  padaku apa yang harus kuperbuat...perintahlah aku.
Aku berjanji untuk menyerahkan diriku  kepadaMu, aku mau dan menerima  kehendakMu atas diriku.
Biarlah aku hanya melakukan kehendakMu dan bukan kehendakku . Amin

Doa Kepada Allah Roh Kudus
Ya Roh Kudus sumber illahi, terang dan kasih, kepadaMu aku serahkan akalku, hatiku, kehendakku dan segala yang ada padaku untuk sekarang dan selama-lamanya.
Berilah supaya akalku selalu mendengarkan ilhamMu dan ajaran umat kudus yang Engkau sebagai pemimpinnya yang tidak dapat salah, biarkanlah senantiasa bernyala karena kasih akan Allah dan sesamaku manusia.
Biarlah hatiku menyerupai kehendakMu Illahi agar segenap hidupku menjadi suatu lukisan yang baik dari kehidupan dan kebajikan Tuhan dan juru selamatku Yesus Kristus.
KepadaNya syukur dan pujian bersama Bapa dan Engkaulah Roh Kudus Allah sepanjang segala abad, Amin.
=====
Tuhan Yesus Kristus, Putera Bapa, utuslah RohMu keseluruh bumi. Hendaklah Roh Kudus itu tinggal di dalam hati segala bangsa , agar hidup mereka tidak merosot atau pun kena malapetaka dan mengalami peperangan. Semoga Santa Maria Bunda segala bangsa menjadi pembela kami, Amin.  

Mohon ke tujuh Karunia Roh Kudus (Puji Syukur 93)
·       Datanglah ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak terutama agar kami dapat menghargai, mencintai dan mengutamakan cita-cita surgawi dan semoga kami Kau lepaskan dari belenggu dosa dunia ini.
·      Datanglah ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus Sang Putra dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari

·      Datanglah ya Roh Nasehat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini, semoga kami selalu melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

·      Datanglah ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hambaMu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kau kuatkan dengan memegang tanganMu yang senantiasa menuntun kami


·      Datanglah ya Roh Pengenalan akan Allah, ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami, agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemuliaanMu.

·      Datanglah ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami, untuk terus berbakti kepadaMu. Ajarilah kami menjadi orang yang tahu berterimakasih atas segala kebaikanMu dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.
  
·      Datanglah ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepadaMu di mana pun kami berada , tegakkanlah kami,  agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepadaMu.


DOA ROH KUDUS (Puji 94)

Allah Bapa yang Mahakudus, kami bersukur kepadaMu karena Roh Kudus yang telah Kau curahkan ke dalam hati kami. KehadiranNya dalam hati kami telah membuat kami menjadi bait kehadiranMu sendiri dan bersama Dia pula kami telah Kau lahirkan kembali menjadi anak-anakMu.

Dialah penghibur dan penolong yang Kau utus dalam nama Kristus. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin kami kepada seluruh kebenaran. Semoga Dia mengajarkan segala sesuatu kepada kami dan mengingatkan kami akan firman yang telah dikatakan oleh Yesus agar kami selalu dituntun oleh firmanNya.

Melalui Roh KudusMu ini, sudilah Engkau membimbing GerejaMu, para pemimpin dan pembantu-pembantunya dan berilah mereka kebijaksanaan yang sejati. Semoga karena bimbinganNya kami semua boleh menikmati buh-buah Roh : Kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan , kesetiaan , kelemahlembutan dan penguasaan diri. Melalui Roh KudusMu pula sudilah Engkau membimbing umatMu untuk tetap tabah dalam penderitaan, berani menjadi saksi puteraMu, berani menjadi pelayan sesama dan menjadi terang serta garam dunia.

Semoga Roh Kudus selalu memimpin kami dengan lembut dan ramah, menuntun kami dengan cermat dan teguh, semoga ia menjadi daya illahi di dalam kehidupan beriman dan bermasyarakat dan menghantar kami masuk ke dalam kemuliaan surgawi untuk berbahagia abadi bersama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.




Komentar