Cara Hidup Murid Kristus dalam Persekutuan - Latihan Soal Agama Katolik Kelas 8

Latihan Soal Agama Katolik Kelas 8 -Bab 6
Disusun Oleh : Damianus Kusviantono,M.Pd
Surabaya, 25 September 2012
Diperbaharui Oleh : William Setiadji
Surabaya, 3 Desember 2018
Kepustakaan : Komisi Kateketik. 2003. Persekutuan Murid-Murid Yesus. Kanisius. Yogyakarta

Dasar Biblis /kitab suci tentang  cara hidup murid-murid Yesus dalam persekutuan sebagaimana dikisahkan dalam  Perikop berikut ini dan tuliskanlah pesan-pesan nilai yang dapat dipetik sebagai pedoman hidup dari masing-masing perikop :
a.       Kisah Rasul 4: 32-37;
b.  Kisah Rasul 2 : 41-47
c.        I Korintus 12: 12-31

Dalam kehidupan persekutuan mereka,  (Kis 2: 41-47 dan Kis 4: 32-37) tampak beberapa hal berikut ini :

1. Roh kudus yang mempersatukan mereka menjadi orang beriman akan Yesus Kristus dan hidup sebagai suatu persekutuan persaudaraan sehati-sejiwa (ay.32)

2. Setiap anggota persekutuan adalah sesama sederajat , tidak ada dari mereka yang merasa lebih tinggi satu terhadap yang lain, sehingga mereka tidak pertama-tama hidup demi dirinya sendiri, melainkan saling menaruh kepedulian satu sama lain, sehingga mereka tidak ada yang merasa berkekurangan dan yang mempunyai tidak merasa kelebihan (ay. 33-34)

3. Kepemimpinan didasarkan pada semangat untuk melayani dan mampu menghadirkan Kristus di tengah-tengah kehidupan jemaat.

4. Kelimpahan rahmat dan kasih karunia Tuhan dalam persekutuan jemaat  karena Kristus ada di tengah-tengah mereka.

5. Kewibawaan dan pelayanan rasul-rasul dalam kehidupan persekutuan jemaat perdana (ay. 35-37) . Ciri-ciri tsb yang menjadikan hidup persekutuan mereka  mempunyai daya tarik  sehingga semakin banyak orang bergabung dengan mereka.

3.      Tuliskanlah pengalaman pribadimu hidup dalam suatu kelompok !


Segala pengalaman itu dapat dianggap benar, namun siswa diharapkan menuliskan jawaban dengan kaidah:

a. Menyebutkan  kegiatan –kegiatan yang ada dalam kelompok

b. Menuliskan kegiatan kelompok yang diikuti

c. Menuliskan peranan dalam kelompok

d. Mampu merefleksikan nilai-nilai yang berkembang dalam hidupnya

4.      Tuliskanlah pengalaman ikut serta dalam kegiatan persekutuan !

Segala pengalaman itu dapat dianggap benar, namun siswa diharapkan menuliskan jawaban dengan kaidah:
a.       Menyebutkan  jenis kegiatan persekutuan
b.      Menuliskan kegiatan persekutuan yang diikuti
c.       Menuliskan peranan dalam persekutuan
d.      Mampu merefleksikan nilai-nilai yang berkembang dalam hidupnya

5.      Tuliskanlah faktor pedukung dan penghambat terkait dengan  persekutuan dalam keluarga kalian !

a.      Bentuk persekutuan dalam keluarga:

Bentuk persekutuan dalam keluarga adalah "hubungan kasih (dan juga darah) Ayah-Ibu-Anak"

b.      Faktor pendukung saat mengupayakan persekutuan dalam keluarga:

> mempunyai komitmen saling percaya, saling terbuka,saling memberi, dan saling melayani
> memiliki kesadaran kasih

c.       Hambatan saat melaksanakan persekutuan dalam keluarga:
> egoisme,
> sikap kurang bertanggungjawab
> Ketidakjujuran

6.      Siapakah yang bertanggungjawab dalam pengembangan persekutuan dalam Gereja !

Yang bertanggung jawab dalam  pengembangan persekutuan dalam Gereja adalah  seluruh umat Allah (Gereja sebagai persekutuan umat yang percaya pada Kristus yang hidup dalam persekutuan dan diterangi oleh Roh Kudus dalam mewartakan kerajaan Allah) dalam naungan kepemimpinan  Paus sebagai pemimpin umat tertinggi umat katolik.

7.      Hal –hal apa yang dapat menghancurkan hidup persekutuan !

Berikut ini yang dapat menghancurkan persekutuan :
a.       egoisme,
b.      sikap kurang bertanggungjawab,
c.       kurang memiliki “persekutuan” atau "solidaritas"
d.      Ketidakjujuran


Sekian Terima kasih,
Damianus Kusviantono S. Pd
William Setiadji

Komentar